Polres Bantaeng Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2021

Senin, 12 April 2021 | 19:47 WITA
Penulis :
Kapolres Bantaeng, AKBP Rachmat Sumekar, membacakan amanat tertulis Kapolda Sulsel dalam apel gelar pasukan di Mapolres Bantaeng, Senin (12/4/2021). (Dok. Humas Polres Bantaeng)
Kapolres Bantaeng, AKBP Rachmat Sumekar, membacakan amanat tertulis Kapolda Sulsel dalam apel gelar pasukan di Mapolres Bantaeng, Senin (12/4/2021). (Dok. Humas Polres Bantaeng)

BANTAENG, MELEKNEWS — Secara serentak pada jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri), tidak kecuali jajaran kewilayahan Polda Sulawesi Selatan, melaksanakan apel gelar pasukan operasi keselamatan 2021.

Khusus Polres Bantaeng, apel gelar pasukan operasi keselamatan dipimpin langsung oleh Kapolres Bantaeng, AKBP Rachmat Sumekar SIK, M.Si, diikuti seluruh pejabat utama Polres, para Kapolsek dan sejumlah personil polres dan jajaran Polsek wilayah hukum polres Bantaeng. Kegiatan ini digelar di lapangan Apel Mapolres Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin pagi (12/4/2021).

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol. Drs. Merdisyam, M.Si, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Bantaeng, fokus kepada permasalahan dibidang lalu lintas. Dimana segala aspek pelayanan telah memasuki era modernisasi serta semakin banyaknya jumlah kendaraan yang dibarengi dengan populasi jumlah penduduk.

“Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas sehingga mengantisipasi segala dampak yang akan timbul”, ucap Kapolres Bantaeng meneruskan amanat Kapolda Sulawesi Selatan.

Lanjut dijelaskan, bahwa polisi lalu lintas terus melaksanakan program prioritas Kapolri 2021-2024 yang disebut Presisi (Prediktif, Responsibilitas- Transparansi Berkeadilan)

Menurutnya, Sinergitas terhadap pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk menangani masalah dan solusi yang semakin kompleks.

Ada 4 poin yang diamanatkan sesuai UU nomor 22 tahun 2009 Tentang lalu lintas dan angkutan jalan yakni:
1.mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan ketertiban serta kelancaran berlalu lintas.
2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.
3. Membangun budaya tertib berlalu lintas.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

hal ini menurut Kapolres, Berkaitan berkaitan dengan program nawacita presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa.

Salah satu nawacita presiden RI ini dijabarkan dengan program prioritas Kapolri 2021-2024 diwujudkan dengan kebijakan nomor 3 yaitu transformasi pelayanan publik dengan 3 penjabaran yakni:

1. Program nomor 11 peningkatan kualitas pelayanan publik Polri
2. Program Nomor 12 news.com pelayanan publik yang terintegrasi.
3. Program nomor 13 pemantapan komunikasi publik.

“Dari ketiga program tersebut ditindaklanjuti dengan 51 kegiatan khusus fungsi lalu lintas kegiatan Nomor 37 yaitu modernisasi fasilitas sarana dan prasarana sentra pelayanan publik dan kegiatan nomor 38 yaitu penguatan standar risasi sistem manajemen mutu dan kontrol di semua sentra pelayanan publik”, Jelas Kapolres.

Kapolres juga mengungkapkan bahwa Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun operasi keselamatan tahun 2021 merupakan operasi cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah di tengah mewabahnya covid-19 dengan mengutamakan cara bertindak persuasif, humanis terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas dan protokol kesehatan. (Rilis Humas Polres Bantaeng)