Mentan SYL: Kita Tidak Boleh Melakukan Korupsi!

Kamis, 10 Desember 2020 | 22:05 WITA
Penulis :
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan selamat hari antikorupsi sedunia (Hakordia) tahun 2020 yang dipeeingati pada 9 Desember.

Mentan mengajak seluruh jajarannya agar bekerja lebih keras lagi serta menjaga transparansi dan integritas dalam melaksanakan kegiatan dan penganggaran belanja sesuai prosedur operasi standar (SOP).

“Kita harus bekerja secara ekstra agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Kemudian, kita juga harus bekerja sesuai dengan aturan dan perundang-undangan. Yang paling penting, kita tidak boleh melakukan korupsi!” ujar Mentan sesuai keterangan tertulis, Kamis (10/12/2020).

Syahrul mengatakan, program-program yang ada harus berjalan sebagaimana mestinya, tidak berbelok, apalagi melenceng ke arah tindak pidana. Prinsip ini berlaku untuk Kementerian Pertanian maupun Kementerian Kelautan.

Sebagaimana diketahui, Syahrul juga ditunjuk Presiden Jokowi untuk memimpin sementara Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Saya selama di sini memimpin semua dengan target, tidak boleh ada hal-hal di luar aturan. Tidak boleh ada korupsi dan lain-lain. Tidak boleh berkonotasi dan saya akan mengawasi,” katanya tegas.

Menurut Mentan, korupsi adalah sesuatu yang sangat memalukan, juga sebagai kelemahan mental karena tidak mampu berpikir jernih baik secara sikap maupun secara intelektual.

Karena itu, menghindari korupsi adalah sikap ksatria serta memahami nilai-nilai berbangsa dan bernegara.

“Orang orang yang terjerat korupsi itu adalah orang yang memiliki kelemahan berpikir intelektual. Jadi, menganggap yang salah hanya biasa-biasa saja. Kita tidak boleh terjebak dengan suasana. Kita harus sadar dengan tanggung jawab dan fungsi kita,” katanya.