Kenali Karakter dari Lima Anak Setan, Berikut!

Minggu, 18 Oktober 2020 | 8:58 WITA
Penulis :
ilustrasi.

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Kali ini MelekNews.id akan menguraikan artikel dengan judul Mengenal Karakter dari 5 (Lima) Anak Setan. Artikel ini bertujuan agar kita bisa lebih mengenal sifat-sifat setan sehingga kita senantiasa dapat lebih berhati-hati dalam perilaku seharian kita yang tentunya akan selalu dibuntuti oleh mata setan yang jahat.

Baiklah, Ada yang pernah ketemu Setan atau Iblis? Hehehe… tentu saja jawabannya beragam, ada yang bilang pernah bertemu setan namun ada juga yang bilang belum pernah bertemu setan, tergantung setan / iblisnya yang asli apa yang sifatnya doang yang mirip setan atau iblis. SETAN atau IBLIS (komandannya Setan) itu bapak dari segala jin. Setan (baca: Iblis) termasuk jenis mahluk Allah yang diciptakan dari Api. Setan ini memiliki sifat sombong. Ketika Allah selesai menciptakan Adam AS lalu memerintahkan para malaikat agar bersujud kepada Nabi Adam AS, semua malaikat menaatinya. Mereka semuanya bersujud kedapa Nabi Adam, tapi tidak bagi IBLIS, dia tidak mau menaati perintah ALLAH SWT. Bahkan ia (Iblis) menyombongkan diri, karena ia merasa di ciptakan oleh Allah dari api, sedangkan Adam hanya diciptakan dari tanah kering yang sangat hitam. Oleh karena itu Iblis menjadi makhluk terkutuk di sisi Allah Azza Wa Jalla. Ini diabadikan dalam Al Qur’an sesuai Firman Allah swt yang berbunyi :

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ فَسَجَدُواْ إِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

Artinya : “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia Termasuk golongan orang-orang yang kafir”. (QS. Al Baqoroh : 34)

Adapun makna iblis -menurut Abu Ja’far- yang menggunakan pola if’iil dari kata al iblaas yaitu putus asa dari kebaikan, penyesalan dan kesedihan. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra berkata,”Iblis berarti yang telah Allah jadikan dirinya berputus asa dari seluruh kebaikan dan menjadikannya setan yang terkutuk dan mendapatkan siksa dikarenakan kemaksiatannya.” (Tafsir Ath Thobari juz I hal 509).

Iblis diberikan sebuah kerajaan yang sangat besar di atas bumi ini. Mulai dari yang berpangkat selevel Jenderal hingga selevel Prajurit dari bangsa Jin dan Manusia yang semua itu disebut Setan. Iblis juga mempunyai wakil, dan lima di antaranya termasuk yang paling berbahaya.

Nah mari kita mengenal karakter dari 5 (lima) anak setan / iblis yang sangat berbahaya ini :

  • 1. Anak Pertama ini bernama TSABAR

Tsabar ini mempunyai tugas pokok melancarkan bisikan tipu daya menyesatkan kepada manusia yang sedang mengalami kesusahan atau tertimpa musibah, seperti bencana, kematian keluarga, dan sejenisnya. Maka tidak heran jika kita seringkali menjumpai manusia yang sedang mengalami kesusahan atau tertimpa musibah senantiasa berkeluh kesah dan meratap-ratap secara berlebihan. Ini salah satu tanda jika manusia tersebut sedang termakan bujuk rayu Anak Pertama Setan / Iblis yang bernama Tsabar ini.

  • 2. Anak Kedua ini bernama DAASIM

Perbuatan halal tapi dibenci Allah SWT adalah Perceraian antara Suami dan Isterinya. Setan / Iblis menjadikan ini sebuah misi utama, sehingga Setan / Iblis memerintahkan anak keduanya untuk mencerai-beraikan ikatan pernikahan, mengobarkan rasa benci satu sama lain dalam kehidupan rumah tangga, dan mendorong seseorang untuk menyebarkan aib sehingga menyebabkan pertengkaran dan bahkan perceraian.

Dalam sebuah hadits sahih yang diriwayatkan Imam Muslim :

Sesungguhnya iblis meletakkan singgasananya di atas air kemudian dia mengirimkan pasukannya. Maka yang paling kepadanya ialah yang paling besar fitnahnya. Lalu datanglah salah seorang pasukannya melapor, “aku telah melakukan ini dan itu.” Iblis menjawab, “kamu belum berbuat apa-apa.” Lalu datanglah pasukan lain melapor, “aku tidak membiarkannya hingga aku menceraikan dia dan istrinya”. Iblis pun mendekat kepada pasukan itu dan memujinya, “bagus”. (HR. Muslim)

Tentunya bagi hamba Allah yang beriman tidak ada seorangpun yang ingin membiarkan Setan / Iblis tertawa karena kelalaian hamba itu sendiri. Sebab telah ditetapkan bahwa Setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.

SESUNGGUHNYA IBLIS MELETAKKAN SINGGASANANYA DI ATAS AIR KEMUDIAN DIA MENGIRIMKAN PASUKANNYA. MAKA YANG PALING KEPADANYA IALAH YANG PALING BESAR FITNAHNYA. LALU DATANGLAH SALAH SEORANG PASUKANNYA MELAPOR, “AKU TELAH MELAKUKAN INI DAN ITU.” IBLIS MENJAWAB, “KAMU BELUM BERBUAT APA-APA.” LALU DATANGLAH PASUKAN LAIN MELAPOR, “AKU TIDAK MEMBIARKANNYA HINGGA AKU MENCERAIKAN DIA DAN ISTRINYA”. IBLIS PUN MENDEKAT KEPADA PASUKAN ITU DAN MEMUJINYA, “BAGUS”. (HR. MUSLIM)

Daasim adalah anak kesayangan Iblis. Untuk menghadapinya, hendaknya mengucapkan doa:
A’uudzubillâhi minasysyaithaani daasimirrojimi wajundihi wa abnaa ihi (artinya : Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan, Dâsim, yang terkutuk, serta para pengikut dan anaknya).

  • 3. Anak Ketiga ini bernama AL-A’WAR

Anak ketiga ini memiliki tugas yang tidak kalah spesial dari kedua saudaranya di atas, Al-A’war bertugas mempermudah urusan perzinahan anak cucu adam. Senjata yang dia gunakan adalah mata manusia. Al-a’war ini memiliki kemampuan memberikan pandangan indah dari setiap pandangan anak cucu adam terhadap lawan jenisnya, ia menghiasi tubuh wanita dari berbagai arah, mendorong syahwat untuk melakukan zina dan membisikkan zina sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Allah telah mengharamkan berbagai aktifitas yang dapat mengantarkan ke dalam perzinaan. Sebagaimana Allah berfirman yang artinya, “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesugguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. al-Isra’: 32).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menetapkan untuk anak adam bagiannya dari zina, yang pasti akan mengenainya. Zina mata adalah dengan memandang, zina lisan adalah dengan berbicara, sedangkan jiwa berkeinginan dan berangan-angan, lalu farji (kemaluan) yang akan membenarkan atau mendustakannya.” (HR. Bukhari & Muslim).

Maka perbanyaklah Istighfar dan mengingat Allah setiap kali merasa gangguan ini mulai menyerang.

  • 4. Anak keempat setan / iblis bernama MASWATH

Berhati-hatilah dengan Maswath, dia yang membisikkan kebohongan dalam diri manusia, entah itu kebohongan kecil hingga kebohongan yang sangat besar, bagi Maswath itu sama saja bernilai dosa di sisi ALLAH SWT, Astaghfirullah. Maswath beserta bala tentaranya bisa saja menjelma menyerupai siapa saja kecuali Rasulullah Muhammad SAW. Kemudian mereka menebar kebohongan di mana-mana, mereka tidak akan pernah berhenti hingga manusia melakukan kebohongan. Mereka hadir di setiap waktu di semua tempat di muka bumi ini.

  • 5. Anak kelima setan / iblis bernama ZALNABUUR

Setiap orang pernah ke pasar. Salah satu tempat yang tidak pernah sepi oleh manusia adalah pasar. Anak iblis yang bernama Zalnabuur ini bertugas di semua pasar atau di semua tempat bertemunya penjual dan pembeli. Zalnabuur dan para antek-anteknya senantiasa membisikkan ke telinga manusia untuk berlaku curang, iri dan dengki, rakus, mencuri, lupa waktu, bertengkar, mencaci dan memaki bahkan ia juga dapat membisikkan pembunuhan ke dalam jiwa manusia yang telah dikuasai hawa nafsu. Na’udzubillahi minzalik.

Semoga kita senantiasa terhindar dari tipu daya syaithan yang terkutuk.

Itulah karakter dari 5 (lima) anak setan / iblis yang sangat berbahaya. Mari kita tingkatkan upaya kita beribadah secara sungguh-sungguh agar semakin menjadi dekat dengan ALLAH SWT sebab putra iblis akan sangat takut terhadap manusia yang jiwanya dan hatinya selalu terpaut kepada ALLAH SWT.

Ingatlah selalu kepada Allah SWT di setiap waktu, Insya Allah kita akan terjaga dari upaya syaithan untuk menyesatkan manusia.

Wallaahu ‘alam.