Programkan Peduli Pemilu, Komisioner KPU Bantaeng Kunjungi Kelurahan Pallantikang

Jumat, 18 Juni 2021 | 13:33 WITA
Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng didampingi Lurah Pallantikang saat menjelaskan lokus program peduli pemilu, Kamis (17/6).
Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng didampingi Lurah Pallantikang saat menjelaskan lokus program peduli pemilu, Kamis (17/6).

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS — Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng melakukan kunjungan ke Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Kamis (17/6/2021). Rombongan ini terdiri dari Ketua, Anggota, Kasubbag dan beberapa staf. Mereka diterima langsung oleh Lurah Pallantikang, Mujaddid Ridha Alqudsi, S. STP. M. AP bersama Ketua RW dan Tokoh Masyarakat setempat.

Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar, mengatakan, maksud kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi tentang rencana penetapan Kelurahan Pallantikang sebagai lokus Pilot Project Desa/Kelurahan Peduli Pemilu/Pemilihan.

“Kami melakukan kunjungan ke Kelurahan ini bertujuan untuk mengkoordinasi kesiapan Pemerintah setempat bersama jajarannya untuk kami jadikan sebagai Lokus Program atau Pilot Project Desa/Kelurahan Peduli Pemilu/Pemilihan”, katanya.

Lurah Pallantikang menyambut baik dan bersedia wilayahnya dijadikan untuk ditetapkan dan diusulkan ke KPU Provinsi Sulsel sebagai lokus Pilot Project Desa Peduli Pemilu/Pemilihan.
“Kami selaku Pemerintah Kelurahan Pallantikang, menyatakan siap dan menyambut baik maksud kunjungan ini. Kami merasa bangga dan berterimakasih atas ditunjuknya Kelurahan kami sebagai lokus program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan”, sambut Lurah.

Selain itu, KPU Kabupaten Bantaeng juga melakukan mengkoordinasikan tentang perkembangan mutasi penduduk untuk dimutakhirkan dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Kami melakukan koordinasi tentang mutasi penduduk, agar bisa menjadi bahan bagi kami, untuk dimutakhirkan di Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan setiap bulan”, terang Kasmawati, Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng Divisi Perencanaan Data dan Informasi.

Lebih lanjut, Ketua KPU Bantaeng, mengatakan, kegiatan audiens ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. “Sebelumnya, KPU Bantaeng telah melakukan kunjungan audiens ke Bupati, Dinas PMD, PP dan PA, Ketua APDESI Kabupaten Bantaeng, seluruh camat dan delapan Desa/Kelurahan yang menjadi lokus rencana Pilot Project/Program Desa/Kelurahan Peduli/Pemilihan”, papar Ketua KPU.

Hamzar menambahkan, Pilot Project atau Program Desa Peduli Pemilu/Pemilihan adalah program KPU RI, yang ditindaklanjuti oleh KPU Provinsi Sulawesi Selatan agar setiap KPU Kabupaten/Kota menyiapkan Desa/Kelurahan untuk dijadikan sebagai lokus Pilot Project atau Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu/Pemilihan.

“Insya Allah, kedelapan Desa/Kelurahan yang menyatakan kesiapannya tersebut akan kami sampaikan ke KPU Provinsi Sulawesi Selatan sebagai bahan laporan untuk kemudian ditetapkan lebih lanjut”, pungkas Hamzar.

Delapan Desa/Kelurahan yang rencananya dijadikan lokus Pilot Project/Program Desa Peduli Pemilu tersebut, adalah:
1. Desa Bontojai Kecamatan Bissappu.
2. Desa Kampala Kecamatan Eremerasa.
3. Desa Bajiminasa Kecamatan Gantarangkeke.
4. Desa Balumbung Kecamatan Tompobulu.
5. Desa Baruga Kecamatan Pajukukang.
6. Desa Bontorannu Kecamatan Uluere.
7. Desa Bontotiro Kecamatan Sinoa.
8. Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng.