Sehari Pasca Dilantik, Kabag Hukum Fokus Ketersediaan Pupuk

Selasa, 16 Maret 2021 | 13:53 WITA
Penulis :
Muhammad Azwar, Kabag Hukum
Muhammad Azwar, Kabag Hukum

BANTAENG, MELEKNEWS — Setelah tujuh bulan memangku jabatan pelaksana tugas sebagai Kepala Bagian (Kabag) Hukum, akhirnya Bupati Bantaeng, DR H Ilham Syah Azikin, mendefenitifkan Muhammad Azwar sebagai Kabag Hukum, Senin (15/3/2021).

Sehari pasca dilantik, ketika hendak ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/3/2021), sosok Azwar yang dikenal low profile ini, memilih berbincang santai sambil duduk bersila di teras depan ruang kerjanya, di kantor Bupati Bantaeng, Jalan Andi Mannapiang, Kelurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng.

Dalam perbincangan lepas tersebut, meleknews.id, menyinggung tentang fokus prioritas kerja setelah defenitif dijabatannya.

Ketika ditanya, apa program utama pasca dilantik sebagai Kabag Hukum? Apakah akan melakukan peninjauan kembali terhadap perda dan peraturan lainnya yang dinilai tidak produktif?

Azwar berkelit dan mengatakan, dirinya lebih tertarik membahas masalah ketersediaan pupuk. Alasan dia, Kabag Hukum adalah Sekretaris Tim Produk Hukum Daerah.

Diungkapkannya, kelompok tani (Poktan) yang terbentuk itu dilandasi regulasi, yakni Peraturan Bupati. Sebelum Poktan dipatenkan di pusat, kata dia, terlebih dahulu harus dilakukan uji publik. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat legalitas keberadaan Poktan tersebut.

Ditanya lagi, kenapa lebih tertarik kepada masalah ketersediaan pupuk ketimbang membahas produk hukum? Kata dia, pupuk adalah salah satu kebutuhan pokok petani yang berimbas kepada kepentingan masyarakat umum.

“Kalau produksi pertanian menurun, bukan hanya petani yang menjerit tapi termasuk masyarakat luas yang terdampak, karena menyangkut pula ketersediaan pangan”, paparnya.

Dia mengaku akan mengkaji regulasi terkait pupuk ini. Tujuannya, agar bisa berlaku secara efektif, sehingga kedepannya, petani tidak lagi kesulitan memperoleh pupuk.