Tingkatkan Mutu dan Desain, Ketua Dekranasda Sulsel Akan Kirim Pengrajin Logam ke Bali

Kamis, 18 Februari 2021 | 6:53 WITA
Penulis :
Ketua Dekranasda Sulsel, Lies F Nurdin, memperlihatkan hasil kerajinan logam di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala.
Ketua Dekranasda Sulsel, Lies F Nurdin, memperlihatkan hasil kerajinan logam di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala.

MAKASSAR, MELEKNEWS — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan, Lietiaty F Nurdin, menginginkan kebangkitan industri di daerahnya. Menurutnya, para pengrajin tersebut memikili potensi yang sama dengan pengrajin di daerah lain di Indonesia.

Dia mencontohkan salah satu industri kerajinan logam di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Ketika berkunjung, Rabu (17/2/2021), Lies (sapaan Ketua Dekranasda Sulsel), sangat kagum melihat buah tangan para pengrajin logam di Borong.

Lies berjanji akan memperkenalkan produk pengrajin logam kepada tamu Pemprov Sulsel dan mengajaknya berkunjung ke kawasan industri ini.”Saya akan mengajak tamu Pemprov untuk berkunjung kesini”, katanya.

Lies menginginkan hasil kerajinan rumahan (home industri) ini dipajang di galeri untuk memudahkan para pengunjung. Kata dia, para tamu tidak mungkin akan mendatangi satu persatu rumah penghasil kerajinan. “Galeri sementara dibangun. Jadi, kalau pembangunannya sudah selesai, hasil kerajinan ini dipajang di galeri untuk memudahkan para pengunjung”, jelasnya.

Untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan, Lies berniat mengirim para pengrajin logam ke Bali sebagai salah satu daerah yang terkenal kualitas kerajinan logamnya. Lies juga berkunjung ke home industri eceng gondok di Serui.

Terkait bantuan permodalan bagi 50 pengrajin logam di Kelurahan Borong, Ketua Dekranasda menggandeng Bank Indonesia.