Ketua Bawaslu Membuka Rakor Peningkatan Kapasitas PTPS Se- Kecamatan Bantaeng

Sabtu, 3 Februari 2024 | 10:52 WITA
Penulis :
Ketua Bawaslu Bantaeng, Ningsih Purwanti (tengah) sebela, Ketua Panwascam Bantaeng, Mabrur (kanan) , Kepala Sekretariat Panwascam Bantaeng, Miranti Putri Pertiwi,Anggota Panwascam Bantaeng, Ahmad Marmi. Dan Panwascam Bantaeng, Akbar Tanjung saat pembukaan rakor peningkatan Kapasitas PTPS

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS.ID — Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng, Ningsih Purwanti membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan kapasitas pengawas Tempat Pemungutan suara (PTPS) Se- Kecamatan Bantaeng pada pemilihan Umum tahun 2024. Kegiatan ini digelar di Gedung Bhayangkari Polres Bantaeng pada Sabtu (3/2/2024).

Ketua Bawaslu mengatakan kalau PTPS yang merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan dan suksesnya Pemilu harus berani mengambil sikap dan keputusan terutama dalam menghadapi setiap kejadian yang tidak sesuai dengan prosedural di dalam TPS nantinya.

“Kalian harus berani mengambil keputusan termasuk dalam menegur setiap kejadian yang tidak sesuai prosedural” ucapnya.

Bukan hanya itu PTPS juga harus berani menghadapi segala sesuatu yang terjadi di dalam TPS Termasuk ketika ada tekanan nantinya.

Selain itu Ketua Bawaslu juga mengimbau kepada para PTPS untuk selalu memperhatikan segala sesuatunya karena banyak hal yang bisa saja terjadi nantinya terutama ketika sudah masuk dalam tahapan perekapan.

Ketua Bawaslu menekankan kepada para PTPS untuk menjaga Profesionalisme, Integritas dan Netralitas dalam Pemilu yang sisa menghitung hari pelaksanaanya.

“Jaga Integritas, Netralitas dan Profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai PTPS” jelasnya.

Sementara itu Ketua
Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Bantaeng, Mabrur menyebutkan kalau dalam kegiatan Bintek ini ada sebanyak 114 PTPS Se-Kecamatan Bantaeng yang berasal dari 8 Kelurahan dan 1 Desa yang menjadi peserta.

Mabrur menyebutkan kalau Bintek ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini Sabtu sampai Minggu 3-4 Februari 2024.

Mabrur, menyebutkan kalau PTPS merupakan ujung tombak dari pelaksanaan Pemilu. ” Dalam filosofi, PTPS itu bagaikan pohon, yang dimana Dia adalah akar dan Panwascam adalah batang dan ketua Bawaslu itu adalah daun” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, ketika akarnya mati maka mulai dari batang hingga daun akan ikut mati pula.

“Jika PTPS Progresif aktif dalam bekerja mengawal Pemilu 2024 maka itu akan memberikan efek yang sangat luar biasa. Jadi tetap semangat” tuturnya.

Di Penghujung penyampaiannya, Mabrur meminta kepada semua PTPS untuk tetap jaga kesehatan karena dalam menjalankan tugasnya nanti itu akan dimulai dari pukul 06.30 WITA sampai selesai “perhitungan surat suara itu akan berlangsung dari pagi sampai malam” ucapnya.

Dalam Bintek PTPS hari pertama ini menghadirkan Abdillah Mustari sebagai pemateri.