Komitmen Bupati Bantaeng Kendalikan Banjir, Progres Cekdam Kasiping Capai 90 Persen

Kamis, 22 Juni 2023 | 22:00 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS — Bupati Bantaeng, Ilham Azikin didampingi sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Bantaeng mengunjungi Cekdam Kasiping, Desa Bonto Tiro, Kecamatan Sinoa, Selasa (20/6). Kunjungan tersebut dalam rangka melihat perkembangan dari Cekdam Kasiping.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bantaeng, Andi Sjafruddin Magau mengatakan, Cekdam Kasiping merupakan komitmen Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dalam pengendalian banjir di Kabupaten Bantaeng.

“Cekdam Kasiping ini merupakan bagian kecil dari sistem pengendalian banjir di Kabupaten Bantaeng. Untuk progres pengerjaannya sudah hampir 90 persen,” kata dia.

Dia mengatakan, Cekdam Kasiping ini nantinya akan menampung dan menahan air yang biasanya meluap di wilayah Cabodo, Be’lang, Sasayya dan Terminal. Cekdam ini memiliki daya tampung sebesar 84 ribu meter kubik.

“Cekdam ini akan menampung dan menahan air yang biasanya meluap di wilayah Cabodo, Be’lang, Sasayya dan Terminal. Pembangunan kembali Cekdam Kasiping ini akan menjadi salah satu upaya penanganan banjir jangka menengah dengan kapasitas daya tampung 84 ribu meter kubik,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin berharap dengan adanya Cekdam Kasiping kedepannya dapat mengantisipasi banjir saat curah hujan tinggi.

“Tentu kita berharap Cekdam ini dapat selesai tepat waktu dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain menahan dan menampung air, juga bisa berfungsi bagi pengairan pertanian masyarakat sekitar,” kata dia. (*)