Ilham Azikin Lantik Pengurus Saka Pariwisata Cabang Bantaeng

Sabtu, 24 Desember 2022 | 23:07 WITA
Penulis :
Ilham Azikin saat melantik pengurus saka Pariwisata cabang Bantaeng

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS — Bupati Bantaeng, Ilham Azikin yang juga sebagai ketua Pramuka Kwartir Cabang Bantaeng melantik pengurus Satuan Karya (Saka) Pramuka Pariwisata Bantaeng di Hotel Marina, Sabtu, 24 Desember 2022. Pengurus Saka Pariwisata ini akan bergerak membantu pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk segera mendorong peningkatan dan pertumbuhan di sektor pariwisata Bantaeng.

Ketua Saka Pariwisata Bantaeng terpilih adalah kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng, Harmony. Dia menyebut, Saka Pariwisata ini adalah salah satu wadah pendidikan dan pembinaan anggota gerakan pramuka yang paling banyak peminatnya. Sebagian besar anggota pramuka yang tergabung adalah anak-anak muda kelompok millenial.

“Mereka ini (anggota) Saka Pariwisata berjumlah 63 orang. Sebagian besar berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Bantaeng,” jelas dia.

Para anggota Saka Pramuka ini, kata dia, akan ikut membantu pemerintah untuk mendorong pertumbuhan di sektor pariwisata. Salah satunya, mereka akan dilatih menjadi konten kreator untuk sektor pariwisata.

“Mereka akan mengikuti pesona camp. Di situ, mereka akan dilatih tentang kepariwisataan. Termasuk bagaimana menggunakan media sosial sebagai alat promosi kita,” kata dia.

Harmony menambahkan, pada dasarnya, anggota Saka Pariwisata ini memang baru dilantik pada Desember 2022. Tetapi, mereka sudah bertugas jauh sejak beberapa bulan yang lalu.

“Anggota Saka ini sudah bertugas di hari Jadi Bantaeng. Mulai dari event Bantaeng Bike, mereka mengambil bagian di water station dan pit stop. Mereka juga aktif pada festival Kaloli, kemarin,” katanya.

Dia mengatakan, Saka Pariwisata ini akan terdiri dari tiga Krida. Di antaranya adalah Krida penyuluh Wisata, Krida Pemandu Wisata dan Krida Kuliner.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, gerakan pramuka di Bantaeng ini adalah wujud dari sinergitas untuk senantiasa mengadirkan gerakan-gerakan yang produktif. Dia menyebut, salah satu sektor yang membutuhkan perhatian saat ini adalah sektor pariwisata.

“Karena ini adalah sektor yang paling berdampak pada saat Pandemi Covid-19,” jelas dia.

Dia berharap, kehadiran Saka Pariwisata ini bisa membuat sektor pariwisata bisa bangkit lebih cepat. “Kita ingin sektor ini bisa bangkit lebih cepat dengan menghadirkan kegembiraan dan keramahan orang-orang Bantaeng,” jelas dia.

Dia juga menambahkan, saat ini semua orang sedang berada di era dimana setiap orang harus berpindah kebiasaan dalam waktu yang cepat.

“Era ini mengharuskan kita pindah pada pendekatan yang lama ke pendekatan yang lebih inovatif, ini membutuhkan pendekatan pembaharuan yang adaptif dengan keinginan pasar. Di tangan anggota Saka inilah, kita bisa beradaptasi pada era ini,” kata dia.(*)