Ilham Azikin Dorong Pemuda Tebarkan Virus Pertanian Modern

Minggu, 26 September 2021 | 16:28 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS — Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pertanian dan Peternakan membagikan benih jagung dan tanaman hortikultura di kantor Camat Sinoa, Rabu, 22 September 2021. Sebanyak 6.304 hektare lahan pertanian jagung di Kecamatan Sinoa dan Ulu Ere mendapatkan bantuan pertanian ini.

Bantuan benih jagung dan tanaman hortikultura ini diserahkan langsung oleh Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin kepada sejumlah kelompok tani penerima manfaat. Total ada 21.000 kilogram bantuan benih yang disebarkan untuk petani secara gratis.

Kepala Dinas pertanian dan Peternakan Bantaeng, Budi Taufik mengatakan, benih jagung yang diserahkan ini adalah benih dengan kualitas yang sangat baik. Potensi panennya bisa mencapai 10 ton per hektare. Artinya, untuk kecamatan Ulu Ere dan Sinoa ada potensi panen 63.040 ton jagung kuning.

“Bibit yang kita bagi ini kalau berhasil, dua kecamatan ini bisa surplus jagung. Itu untuk lahan yang kita berikan bantuan, belum terhitung dengan lahan yang tidak kita berikan bantuan benih,” jelas dia.

Dia menambahkan, dengan begitu, Bantaeng bisa menjadi salah satu daerah yang mendistribusi jagung ke daerah lain. Pada dasarnya, kebutuhan masyarakat akan jagung dari dua kecamatan ini sudah melebihi. “Kita targetnya surplus di musim tanam ketiga ini,” jelas dia.

Selain jagung, pemerintah juga memberikan bantuan untuk benih bawang merah dan cabai. Sebanyak 15 hektare bawang merah mendapat bantuan benih pemerintah. Begitupun dengan cabai, ada sebanyak lima hektare lahan petani mendapat bantuan serupa. “Kami juga mendapat supporting dari balai besar dan Polbangtan Gowa. Ada bibit ayam kampung sumbawa yang diberikan kepada petani,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin juga memberikan bantuan dari program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS) kepada enam pemuda yang aktif dalam sektor pertanian dan perternakan di Bantaeng. Mereka mendapatkan bantuan berupa uang tunai dari Rp15 juta hingga Rp35 juta. Bantuan ini diberikan untuk pengembangan usaha pertanian mereka.

Bupati Bantaeg, DR Ilham Azikin menyebut sektor pertanian adalah satu-satunya sektor yang tidak goyang meski berada di masa Pandemi Covid-19. “Izinkan saya, menyampaikan hormat dan terimakasih untuk kita semua, yang menjadi bagian untuk menjaga ketahanan pangan kita,” jelas dia.

Bupati peraih penghargaan ketahanan pangan nasional tiga tahun berturut-turut ini juga mengajak kepada enam petani milenial unyuk senantiasa membantu petani Bantaeng mengembangkan pertanian modren. Dia juga berharap, pemuda lainnya di Bantaeng dapat ikut terjun membantu di sektor-sektor pertanian di Bantaeng.

“Saya berharap yang enam pemuda ini bisa menjadi motivator. Bisa menjadi virus untuk memberikan contoh-contoh kebaikan pertanian modern,” jelas dia.

Dia juga berharap, para petani millenial ini bisa mendorong terciptanya agroindustri yang mendorong terciptanya lapangan kerja. Menurut dia, mereka bisa mempekerjakan anak muda produktif di sekitar mereka. “Nanti jika mereka berhasil, saya harapkan bisa juga mempekerjakan anak-anak muda di sekitar mereka,” jelas dia.

Ilham Azikin juga berpesan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Bantaeng untuk senantiasa fokus memberikan bantuan kepada petani. Dia berharap, semua petani di Bantaeng mendapat sentuhan dan intervensi pemerintah. “Saya sangat berharap, tidak ada lagi petani di Bantaeng yang tidak tersentuh bantuan. Semua harus mendapatkan bantuan yang bisa diterima manfaatnya,” jelas dia.(*)