Wujudkan Pemilih Cerdas, KPU Bantaeng MoU Kades dan Lurah

Jumat, 2 Juli 2021 | 15:40 WITA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Desa (Kades) dan Lurah yang menjadi lokus program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, Jumat (1/7/2021), di Aula Husni Kamil Manik, Kantor KPU Bantaeng.

Gelaran tersebut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Bantaeng, sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PMD, PP dan PA, H Hartawan Zainuddin, SH, MH, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Ningsih Purwanti, SH, Kabag Pemerintahan Pemkab Bantaeng, Rusdi, S.Sos, Pengurus APDESI Kabupaten Bantaeng, Camat se Kabupaten Bantaeng, para Kepala Desa/Lurah, Ketua BPD, dan Sekretaris Desa yang menjadi lokus Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, serta seluruh Komisioner bersama Sekretaris dan Kepala Subbagian Sekretariat KPU Kabupaten Bantaeng.

Ketua KPU Kabupaten Bantaeng, Hamzar, mengatakan, MoU atau penandatangan kerjasama ini adalah wujud dari komitmen bersama untuk menyukseskan program pembangunan demokrasi yang sehat dan pendidikan politik yang tercerahkan melalui Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang dicanangkan oleh KPU RI.

“Alhamdulillah setelah kami melakukan audiens dengan Bupati Bantaeng, Dinas PMD, PP dan PA Kab. Bantaeng, Kesbangpol dan Linmas Kab. Bantaeng, Pengurus APDESI, Kabag Pemerintahan Pemkab Bantaeng, serta seluruh Camat dan Kepala Desa/Lurah yang menjadi lokus program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, hari ini kami masing-masing pihak bertandatangan untuk menguatkan komitmen dimaksud”, kata Hamzar.

Dia menambahkan, dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini dapat terbangun kolaborasi yang kuat bahwa agenda pendidikan politik dan pencerdasan pemilih serta pembangunan demokrasi yang sehat, tidak hanya menjadi tanggungjawab penyelenggara Pemilu saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama oleh semua pihak.

“Jadi, sejatinya pembangunan demokrasi yang sehat, pendidikan politik dan melahirkan pemilih yang cerdas, bukan hanya tanggung jawab Penyelenggara Pemilu, tetapi juga adalah tanggungjawab pemerintah setempat. Tentu program ini, tujuannya jangka panjang, tidak seperti program-program fisik lainnya, yang kelihatan dua bulan atau tiga bulan setelahnya. Makanya dibutuhkan kolaborasi yang kontinuitas”, tambah Hamzar.

Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin, diwakili Asisten I Pemkab Bantaeng Hartawan Zainuddin, menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Bantaeng atas kolaborasi yang dibangun selama ini.

“Tentu kami selaku Pemerintah Kabupaten menyambut baik niatan ini, karena ini sesuai dengan visi misi pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk menguatkan dan membangun kehidupan demokrasi yang sehat. Insya Allah, bersama jajaran, kami siap menusupport agenda program ini”, ujar Hartawan.

Sementara Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kab. Bantaeng, Ansar Tuba, menjelaskan bahwa program ini adalah program KPU RI, dimana kedepannya ada Kader sebanyak 25 orang per desa/kelurahan untuk diberikan pembekalan.

“Insya Allah, delapan desa/kelurahan ini akan kami teruskan ke KPU Provinsi untuk ditetapkan lebih lanjut dan akan dilakukan pembekalan kader yang ada di masing-masing desa/kelurahan yang menjadi lokus. Harapannya mereka menjadi duta penggerak pencerdasan pemilih di wilayah masing-masing”, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, juga dirangkaikan dengan penyerahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir kepada Dinas PMD, PP dan PA untuk digunakan sebagai data dukung pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2021 di Kabupaten Bantaeng dengan sebelumnya dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Pemanfaatan DPT dimaksud.

Adapun delapan desa/kelurahan yang menjadi lokus Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan tersebut yaitu:
1. Desa Bontojai Kec. Bissappu
2. Kelurahan Pallantikang Kec. Bantaeng
3. Desa Kampala Kec. Eremerasa
4. Desa Balumbung Kec. Tompobulu
5. Desa Baruga Kec. Pajukukang
6. Desa Bontorannu Kec. Uluere
7. Desa Bajiminasa Kec. Gantarangkeke
8. Desa Bontotiro Kec. Sinoa