Permudah Layanan Adminduk di Desa, Disdukcapil Bantaeng Gelar Sosialisasi

Senin, 14 Juni 2021 | 16:44 WITA
Penulis :
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, MELEKNEWS — Bupati Bantaeng, Ilham Azikin membuka secara resmi Sosialisasi terkait Peningkatan kapasitas koordukcapil se-Kabupaten Bantaeng yang dilaksanakan di Gedung Balai Kartini, Jalan Kartini, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan pada Senin (14/6/2021).

Selain sosialisasi kegiatan yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng ini juga menggelar Pengukuhan Koordukcapil Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bantaeng.

Dengan di dampingi oleh Kompak Inovasi pemerintah Kabupaten Bantaeng ini telah mengilhami lahirnya petugas Koordukcapil di tingkat Desa dan Kelurahan yang memfasilitasi layanan adminduk bagi warga desa dan kelurahan dalam memberikan fasilitas serta dukungan yang maksimal terhadap kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ali Imran mengatakan bahwa Koordukcapil merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hambatan yang selama ini dialami oleh warga desa dalam mengakses layanan adminduk. Pendekatan ini telah berjalan di Kab. Bantaeng sejak tahun 2018, dan sampai saat ini setiap Desa dan Kelurahan telah memiliki Koordukcapil di masing-masing 67 Desa dan Kelurahan hingga pada tahun ini telah berkembang mencapai 73 orang.“Alhamdulillah Kabupaten Bantaeng saat ini berada di nomor urut 3 se- Provinsi Sulawesi Selatan”, ujarnya.

Sementara itu, Manajer KOMPAK Sulawesi Selatan, Hj. Sukarniaty pada kesempatan itu menyampaikan “Sangat diharapkan ada banyak inovasi yang masuk ke dalam Koordukcapil untuk bisa mencapai peringkat yang lebih tinggi guna mendapatkan pelayananan data yang maksimal seperti bukti BPJS dan mewujudkan masa depan yang lebih baik”, katanya.Bupati Bantaeng mengatakan bahwa yang menjadi harapan kita semua adalah terwujudnya layanan, sektor pembangunan, yang bisa menghubungkan dinamika layanan yang berada di masing-masing dalam percetakan layanan aspirasi rakyat dan bisa mendorong sebuah kependudukan pelayanan kesehatan. “Dan kini Bantaeng bisa menghadirkan Koordukcapil dalam penempatan alokasi umum dibulan Juli yang akan mendatang sebagai sumber inovasi dalam melahirkan sebuah kerja yang mendukung percepatan layanan pendudukan Kabupaten Bantaeng”, ujar Bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain para Kepala OPD, para Camat, Lurah, Kepala Desa lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.