Kepala Bank Sulselbar Bahas KUR Pada Sosialisasi Kemitraan Usaha dan Pengisian LKPM Online

Selasa, 25 Mei 2021 | 11:55 WITA
Penulis :
Kepala Bank Sulselbar Cabang Bantaeng didampingi dua Stafnya, memaparkan perkreditan lingkup Bank Sulselbar, Selasa (25/5/2021)
Kepala Bank Sulselbar Cabang Bantaeng didampingi dua Stafnya, memaparkan perkreditan lingkup Bank Sulselbar, Selasa (25/5/2021)

BANTAENG, MELEKNEWS — Kepala Bank Sulselbar Cabang Bantaeng, Dahlia, membahas Kredit Usaha Rakyat (KUR) di depan peserta sosialisasi kemitraan usaha dan tata cara pengisian LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal), Selasa (25/5/2021), di Hotel Ahriani Bantaeng.

Acara yang dilaksanakan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Bantaeng ini, dilaksanakan tiga kali dan diikuti 26 peserta dengan total 26 orang x 3 kali sama dengan 78 peseta. “Tiga kali dilaksanakan. Pesertanya 26 orang persatu kali pelaksanaan”, jelas Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Zukhriah.

Hal senada disampaikan penanggungjawab kegiatan, Nursyam Suriani. Kata dia, sesi pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Mei. Kemudian sesi dua dan tiga dilaksanakan berturut-turut, yakni, Senin dan Selasa (23-24 Mei 2021).

Kepala Bank Sulselbar Cabang Bantaeng menguraikan sistem perkreditan di Bank yang dipimpinnya dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemohon.

Didampingi Kepala Seksi Pemasaran Bank Sulselbar, Nursalam Abdul Gani dan Ibas (Staf Bank Sulselbar Cabang Bantaeng), Dahlia menyampaikan bahwa Bank yang dipimpinnya bukan hanya melayani ASN seperti yang dipahami selama ini.

Artinya, kata dia, Bank Sulselbar juga melayani nasabah umum seperti bank konvensional lainnya. “Kami terbuka untuk umum. Jadi bukan hanya ASN yang dilayani di Bank Sulselbar”, katanya.

Dikemukukannya, ada dua jenis KUR yang disalurkan melalui Bank Sulselbar. Yaitu, KUR Mikro dan Ritel. KUR Mikro tidak mensyaratkan lagi agunan seperti SK bagi ASN. Jumlah kredit yang bisa diperoleh untuk jenis ini mulai Rp 50 juta – Rp 200 juta.

Sedangkan KUR Riter harus ada agunannya karena jumlah kredit yang bisa diperoleh nasabah cukup besar hingga mencapai Rp 500 juta. Hanya saja, kata dia, baik KUR Mikro maupun Riter, tidak bisa langsung dicairkan jumlah totalnya.

Artinya, untuk KUR Mikro yang bermohon sampai batas maksimal Rp 200 juta, pencairannya sebanyak empat kali dari jumlah yang dimohonkan. Begitupun, Riter, juga tidak bisa sekaligus Rp 500 juta dicairkan. Lebih jelasnya, kata dia, silahkan berhubungan langsung dengan petugas Bank Sulselbar.