Kades Tombolo Salurkan BLT DD Tahap Pertama

Kamis, 15 April 2021 | 20:19 WITA
Penulis :
Camat Gantarangkeke, Bhabinkamtibmas, Babinsa PDP Kecamatan Gantarangkeke, menyaksikan penyaluran BLT DD oleh Kepala Desa Tombolo, Kamis (15/4/2021). (Foto: Syahran Azis)
Camat Gantarangkeke, Bhabinkamtibmas, Babinsa PDP Kecamatan Gantarangkeke, menyaksikan penyaluran BLT DD oleh Kepala Desa Tombolo, Kamis (15/4/2021). (Foto: Syahran Azis)

BANTAENG, MELEKNEWS — Sebanyak 120 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Tombolo Kecamatan Gantarangkeke, Kamis (15/4/2021), menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). Bantuan ini merupakan penyaluran tahap pertama yang berasal dari pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Tombolo, Syarifuddin, S.Pdi, mengatakan, terjadi penurunan KPM dibanding dua tahun sebelumnya. Pada 2019 jumlah PKM sebanyak 149 turun menjadi 142 pada tahun 2020.

Keluarga Penerima Manfaat BLT DD Desa Tombolo sedang mendengarkan pengarahan dari Camat dan Kepala Desa
Keluarga Penerima Manfaat BLT DD Desa Tombolo sedang mendengarkan pengarahan dari Camat dan Kepala Desa. (Foto: Syahran Azis).

Kemudian 2021 turun lagi menjadi 120 KPM. Mereka tersebar di empat dusun, masing-masing, Tombolo 15, Borong Ganjeng 12, Palanjong 33, Bongaya 20, dan Dusun Kampong Beru 40 KPM.

“Pada pencairan tahap pertama ini (Januari), setiap KPM menerima Rp 300.000 perbulan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19”, katanya.

Camat Gantarangkeke, Andi Yakub S.STP., M.AP, mengimbau, kiranya masyarakat penerima bantuan dari pemerintah desa, tidak mengharapkan lagi bantuan lainnya dari pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar terjadi pemerataan bantuan sosial.

Camat meminta agar bantuan tersebut tidak dipergunakan untuk membeli hal-hal yang tidak mendesak, seperti memberi pulsa, HP dan sebagainya. “Bantuan ini diharapkan dapat meringankan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bukan untuk membeli pulsa atau HP”, imbaunya.

Ditambahkan Kades, BLT DD ini penyalurannya bukan hanya satu kali. Tapi bertahap selama 12 bulan. Program bantuan ini menjadi kewajiban pemerintah desa berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan PMK nomor 222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Penyerahan BLT DD Tombolo, selain dihadiri Camat, juga disaksikan Bhabinkamtibmas AIPDA Baharuddin dan Babinsa SERDA Abdul Azis, dimonitor langsung PDP (Pendamping Desa Pemberdayaan) Kecamatan Gantarangkeke, Safri, S.Kom.