Bhabinkamtibmas Kayu Loe Apresiasi Relawan SDGs

Senin, 12 April 2021 | 18:34 WITA
Penulis :
Bhabinkamtibmas Desa Kayu Loe, Bripka Nur Taufik, memantau pendataan yang dilakukan tim relawan SDGs. Foto: Syahran Azis
Bhabinkamtibmas Desa Kayu Loe, Bripka Nur Taufik, memantau pendataan yang dilakukan tim relawan SDGs. Foto: Syahran Azis

BANTAENG, MELEKNEWS — Pendataan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs), berlangsung di Dusun Kayu Loe, Desa Kayu Loe, Kecamatan Bantaeng, Senin (12/4/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan tim relawan untuk membantu pemerintah desa dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di masyarakat. Hasil pendataan ini, nantinya dijadikan salah satu dasar di tingkat kabupaten untuk menentukan klaster warga miskin, sangat miskin dan butuh perhatian khusus.

Pendaatan yang dilaksanakan dengan tetap mematuhi prokes (protokol kesehatan) ini, mendapat apresiasi dari Bhabinkamtimbas setempat, Bripka Nur Taufik.

Menurut Bripka Nur Taufik, berdasaarkan pengamatan lapangan yang dilakukannya, masih ada warga yang bersikap apatis. Kata dia, penyebabnya antara lain, selama ini mereka belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah.

Juga, lanjut Bripka Nur Taufik, ada warga yang membutuhkan fasilitas dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan layanan dasarnya.

Babinkamtibmas berharap, pemerintah desa dapat mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan dasar tersebut. “Pendataan berbasis SDGs ini sejalan dengan pengamatan lapangan yang kami lakukan. Hasil pendataan ini diharapkan bisa menjadi solusi pemecahan masalah dalam memenuhi kebutuhan dasar warga”, katanya.

Salah seorang pendata dari tim relawan SDGs, M Tahiyat, mengaku, masih ada warga yang belum terdata. Hal ini dikarenakan, warga tinggal di perantauan. “Masih ada beberapa Kepala Keluarga (KK) belum terdata, karena yang bersangkutan berada di perantauan”, akunya.