124 KK Terdampak Bencana Angin Kencang di Takalar, Dinsos Sulsel Salurkan Bantuan

Sabtu, 10 April 2021 | 11:59 WITA
Penulis :

TAKALAR, MELEKNEWS — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Sosial bergerak cepat dalam menyalurkan bantuan kepada korban terdampak bencana angin kencang di Kabupaten Takalar.

Melihat kondisi cuaca saat ini dimusim penghujan disertai angin kencang, membuat beberapa wilayah terdampak di Sulsel. Berdasarkan data laporan Tagana Kabupaten Takalar, dalam sepekan terakhir angin kencang disertai intensitas hujan yang mengakibatkan 124 KK dari 13 Desa/Kelurahan yang terkena dampak.

Dinas Sosial Sulsel bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Takalar, Dinas Sosial Takalar, Camat Polongbangkeng Selatan, serta Tim Tagana menyerahkan bantuan di Desa Surulangi dan Kelurahan Bulukunyi, Takalar, 7 April 2021.

“Kami telah turun ke beberapa titik yang terdampak. Ada beberapa rumah rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan sebagaimana laporan hasil asesmen Tagana,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Sulsel, Herman, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, jenis bantuan yang diserahkan kepada korban bencana angin kencang, dominan berupa kebutuhan sehari-hari untuk para korban.

“Adapun jenis bantuan yang diserahkan, seperti selimut, terpal, tenda gulung, makanan anak, perlengkapan dapur, dan beras,” ucapnya.

Selain Takalar, kata Herman ada sejumlah Kabupaten di Sulsel yang juga terkena dampak kondisi cuaca ini. Namun pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten/Kota, serta terkait penanganan bantuan.

Hal itu menurutnya, sesuai dengan instruksi Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. “Bapak Plt Gubernur selalu berpesan, agar Dinas Sosial Harus hadir dalam setiap kejadian bencana. Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran pemerintah, jadi kita diharapkan memiliki kepekaan untuk peduli kepada masyarakat yang menjadi korban bencana, selalu tanggap dan siap siaga serta segera melakukan tindakan yang diperlukan,” terangnya.