Bupati Bantu Pesantren Riadhus Shalihin 300 Bibit Ayam KUB

Jumat, 9 April 2021 | 8:16 WITA
Bupati Bantaeng menyerahkan 300 ekor bibit ayam kampung KUB secara simbolis kepada pengasuh Ponpes Riadus Shalihin, Kamis (8/4/2021).
Bupati Bantaeng menyerahkan 300 ekor bibit ayam kampung KUB secara simbolis kepada pengasuh Ponpes Riadus Shalihin, Kamis (8/4/2021).

BANTAENG, MELEKNEWS — Bupati Bantaeng, DR. H. Ilham Syah Azikin, menyerahkan 300 ekor bibit ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) kepada Pondon Pesantren Riadhus Shalihin, Desa Bonto-bontoa, Kecamatan Tompobulu, Kamis (8/4/2021).

Ayam KUB adalah ayam kampung yang merupakan hasil seleksi genetik selama enam generasi yang ditemukan oleh Tike Sartika, peneliti senior Balitnak pada Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI, pada tahun 1997.

Ayam KUB ini memiliki karakteristik dan keunggulan, yaitu; warna bulunya yang beragam seperti ayam kampung biasa pada umumnya. Umur 70 hari beratnya sudah mencapai 1 kg.

Jenis ayam ini mulai bertelur pada umur 5 bulan sampai 5 bulan setengah atau 20-22 minggu dengan bobot badan antara 1,2 – 1,6 kilogram. Dalam setahun, ayam ini memproduksi telur hingga 180 butir perekor.

Keunggulan lainnya, pada umur dua bulan tahan terhadap cuaca panas dan cepat menyesuaikan diri dengan cuaca lembab dibanding ayam kampung biasa. Waktu yang dihabiskan saat mengeram lebih singkat ketimbang ayam kampung biasa sehingga perkembang biakannya lebih cepat.

Atas dasar beberapa keunggulan tersebut sehingga Bupati Bantaeng memilih jenis ayam KUB dibagikan kepada Ponpes Riadhus Shalihin untuk dibudidayakan.
Dijelaskan Bupati, ayam kampung KUB ini adalah ayam kampung terbaik yang diproduksi melalui UPT pembibitan ternak unggul Bantaeng.

UPT ini, kata dia, menjadi satu-satunya UPT di Sulsel yang memproduksi bibit ayam kampung KUB. “Kami memberikan bantuan melalui pesantren ini dengan harapan, bibit ternak ini jadi sarana pembelajaran sekaligus untuk membantu memenuhi pasar telur ayam kampung”, kata Bupati.

Penyerahan bantuan tersebut diterima pengasuh Ponpes Riadhus Shalihin disaksikan pendiri sekaligus pengasuh Ponpes, K.H.M. Nuh Khaeruddin.