Desa Bonto Tangnga Lakukan Pemilihan Ulang Anggota BPD

Sabtu, 27 Maret 2021 | 15:59 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, NELEKNEWS — Pemilihan ulang Badan Perwakilan Desa (BPD) dilaksanakan di Desa Bonto Tangnga, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan pada Jum’at (26/3/2021).

Kepala Desa Bonto Tangnga, Mahmuddin mengatakan kalau pemilihan ulang ini dilaksanakan atas perintah dan rekomendasi dari Dinas PMD, PP dan PPA kabupaten Bantaeng beberapa waktu yang lalu.

Hal ini dilakukan karena adanya laporan masyarakat termasuk salah satu calon ke Dinas PMD terkait ketidakpuasan atau tidak menerima hasil pemilihan yang digelar secara serentak di Kabupaten Bantaeng pada Rabu 17 Februari 2021 lalu.

“Karena ada yang melapor ke Dinas PMD dan menuntut pemilihan ulang, maka atas dasar rekomendasi dari dinas maka pemilihan ulang ini kami laksanakan hari ini” ucapnya saat ditemui.

Walaupun pemilihan waktu itu menurutnya sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan berjalan secara demokrasi namun karena adanya perintah dari Dinas PMD Bantaeng maka pihaknya wajib melaksanakannya.

Dia juga menyampaikan kalau terkait proses pencalonan itu tahapannya masih sama dengan proses sebelumnya.

“Para calon itu harus melakukan proses registrasi peserta yang dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan pemilihan, kemudian dilakukan juga pengedaran undangan kepada 15 tokoh masyarakat yang akan memilih calon” tuturnya.

Dari dua Dusun yang ada di Desa Bonto Tangnga hanya satu dusun yang dilaksanakan pemilihan ulang anggota BPD yakni di Dusun Talakaiya saja sedangkan untuk dusun Bungun Barua sisa menunggu pelantikan untuk yang sudah terpilih.

Pada pelaksanaan pemilihan ulang anggota BPD di Dusun Talakaiya tersebut maka kembali terpilih dua calon yakni, Abdul Rahman dengan perolehan suara 6 dan Muhammad Ali mendapatkan suara 7.

“Pemulihan ulang yang dilaksanakan hari ini membuktikan kalau tingkat konsistensi masyarakat itu masih terpelihara karena yang terpilih hari ini sama dengan yang terpilih sebelumnya” jelasnya

Dari dua dusun di Desa Bonto Tangnga tersebut maka terpilihlah 5 anggota BPD yang dimana untuk dua dusun masing-maaing mendapat jatah dua anggota BPD dan satu orang lainnya itu dari keterwakilan perempuan.


Dirinya berharap agar polemik pemilihan BPD ini cukup sampai disini saja dan meminta kepada masyarakat terutama kepada anggota BPD terpilih untuk bersama-sama membangun desa Bonto Tangnga.

Diketahui bersama bahwa 46 Desa dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bantaeng telah melaksanakan pemilihan anggota BPD secara serentak pada bulan Februari lalu.

Dari 46 desa tersebut 3 desa mendapatkan rekomendasi untuk melakukan pemilihan ulang yakni, Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, Desa Pa’jukukang, Kecamatan Pa’jukukang dan desa Bonto Tangnga, Kecamatan Uluere.(Sahar)