Vaksinasi COVID-19 Tahap II di Bantaeng Mulai dilaksanakan

Sabtu, 13 Maret 2021 | 21:57 WITA
Penulis :

BANTAENG, MELEKNEWS — Vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Bantaeng sudah mulai dilaksanakan, Sejumlah tempat pelayanan publik pun disasar, Senin (8/3/2021).

Di hari pertama pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini menyasar sejumlah tempat pasilitas publik seperti kantor Kejaksaan Negeri Bantaeng menyusul Kantor Pengadilan Negeri Bantaeng dan dilanjutkan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantaeng kemudian ke Polres Bantaeng dan Berakhir di Markas KODIM 1410 Bantaeng.

Setelah menjalani sejumlah tes Screening maka dari 37 orang yang teregister hanya 25 orang yang sempat divaksin dan 10 orang yang dinyatakan ditunda serta 2 orang sisanya tidak bisa diberikan.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, dr. Andi Ihsan mengatakan kalau dari 37 orang yang teregister tersebut ada 10 orang yang tunda dan 2 orang tidak diberikan karena gagal melewati skrining di meja 2.

“Dari hasil pantauan kami di Kejari Bantaeng ada 25 orang yang divaksin, 10 orang tunda dan 2 tidak diberikan karena sedang hamil” jelas Ihsan.

Sementara itu Kabid P2P Bantaeng, dr Armansyah menjelaskan bahwa vaksin kali ini merupakan multi dosis. Artinya dalam 1 vial vaksin untuk 10 dosis suntikan.

“Vaksin yang kami gunakan untuk tahap kedua ini adalah multidosis, 1 vial vaksin berisi 10 dosis suntikan,” jelas Arman.

Menurut, Arman selain yang sempat dikunjungi oleh Sekda Bantaeng sejumlah tempat juga bersamaan dihari pertama pelaksanaan vaksinasi ini turut dilaksanakan.

“Selain 5 tempat yang dikunjungi bapak Sekda, juga berlangsung kegiatan yang sama di Mal Pelayanan Publik, Kantor Pajak Pratama, Kantor Daerah dan Kantor Satpol PP-Damkar,” tambah Arman.

Untuk yang di Kantor Bupati Bantaeng pelaksanaan vaksinasi menyasar sejumlah wartawan.

Sementara itu Kepala Puskesmas Dampang, Rini Darmayati menyampaikan kalau dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini pihaknya khusus ditugaskan untuk melakukan vaksinasi terhadap 50 orang wartawan.

Selain jurnalis, vaksinasi tahap dua dosis pertama juga menyasar petugas pelayanan publik. Dia mengatakan, tujuan vaksin ini untuk memutus penyebaran Virus Corona.

Menurutnya, para kuli tinta, sebutan untuk jurnalis, memiliki mobilitas yang tinggi sehingga harus diberikan kekebalan tubuh selama pandemi.

“Karena dia pelayan publik ketemu banyak orang, ini kan kalau sudah ada teman-teman media divaksin itu sudah memutus mata rantai Covid-19,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, bahwa hari pertama ini tercatat ada 25 orang yang divaksin. Rinciannya, 14 orang wartawan, dua batal dan sisanya petugas pelayanan publik

Menurutnya setelah pelaksanaan vaksinasi hari ini maka diharapkan 14 hari ke depan untuk datang kembali untuk dilaksanakan vaksinasi tahap kedua. (*).