Bupati Bantaeng Sorot Tumpukan Sampah di Sungai, Kadis LH Sesalkan Warga

Selasa, 9 Maret 2021 | 14:51 WITA
Penulis :
Plt. Camat Bantaeng, Andi Sultan, bersama Lurah dan warga berpose usai membersihkan tumpukan sampah, Selasa (9/3/2021).
Plt. Camat Bantaeng, Andi Sultan, bersama Lurah dan warga berpose usai membersihkan tumpukan sampah, Selasa (9/3/2021).

BANTAENG, MELEKNEWS — Bupati Bantaeng, H Ilham Syah Azikin, menyoroti tumpukan sampah di hilir Sungai Calendu, Kecamatan Bantaeng. Tepatnya, dii bawah jembatan yang menghubungkan kampung Bissampole Kelurahan Pallantikang dengan kampung Kalimbaung Kelurahan Mallilingi.

Informasi yang dihimpun, akibat tumpukan sampah tersebut, Bupati memanggil Plt Kadis Lingkungan Hidup (LH), M Nasir Awing. “Pak Bupati panggil pak Kadis terkait penumpukan sampah tersebut”, ujar sumber.

Babinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Pallantikang dan Mallilingi bersama warga membersihkan tumpukan sampah di bawah jembatan

Dikonfirmasi, Selasa (9/3), Nasir Awing, mengatakan, Bupati menanyakan, kenapa bisa terjadi penumpukan sampah. “Kami jelaskan kepada Bapak (Bupati, red), perihal tersebut”, katanya.

Dipaparkannya, sampah yang menumpuk itu merupakan buangan warga dari luar wilayah Pallantikang dan Mallilingi. “Sampah itu dibuang oleh orang yang lewat. Bukan warga sekitar”, jelasnya.

Kadis LH menyesalkan sikap warga yang membuang sampah sembarangan karena akan berdampak buruk bagi warga yang mukim di sekitar lokasi.

Padahal, lanjut Nasir, pemerintah sudah menyiapkan bak sampah di sekitar jembatan. “Ada bak sampah di sekitar jembatan tapi mereka membuang sampah ke sungai”, sesalnya.

Sorotan Bupati dalam hal ini, sontak menggerakkan sejumlah pejabat terkait menuju lokasi. Selain Plt Kadis LH, juga tampak Plt Camat Bantaeng, Andi Sultan, Lurah Pallantikang Mujaddid Ridha Alqudsi, Lurah Mallilingi Muhammad Ridwan, Babinkamtibmas Pallantikang Brigpol Munandar, Babinsa Pallantikang Serma M Anwar, Babinkamtibmas Mallilingi AIPDA Arwan, Babinsa Mallilingi Serda Ahmad Ruddin.

Beberapa Ketua RW dan RT dari dua kelurahan ini bersama sejumlah warga, terlibat langsung memberisihkan tumpukan sampah.