Teken MoU Dengan PT GIS, SMK di Bantaeng Akan Ciptakan Alumni Yang Handal Dan Mandiri

Kamis, 25 Februari 2021 | 20:46 WITA
Penulis :

BANTAENG, MELEKNEWS — Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V melakukan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan pihak PT. Gemilang Investama Sejahtera (GIS) yang dilaksanakan di SMKN 1 Bantaeng pada Rabu (24/2/2021).

Kerjasama ini kemudian meluncurkan program Vocational Entrepreneur Challenge (VEC) yang merupakan program pelatihan untuk peserta anak didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) angkatan akhir.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, Drs. Samsud Samad, MM mengatakan kalau program ini diluncurkan untuk pertama kalinya di Sulawesi Selatan.

“Sebenarnya program ini menyeluruh di Indonesia akan tetapi di Sulsel, Kabupaten Bantaeng yang pertama Melaunching program VEC ini” ungkapnya Kamis (25/2/2021).

Dia juga menyampaikan kalau
pihak PT. Gemilang Investama Sejahtera rencananya akan melakukan pelatihan tersebut selama dua bulan lamanya dan akan dimulai nantinya di bulan Oktober dan berakhir di Desember 2021

Selain itu diakhir pelaksanaan kegiatan ini akan digelar lomba pembuatan proposal program wirausaha dan akan dipresentasikan oleh para siswa itu sendiri.

“Para siswa akan di ikutkan lomba pembuatan program proposal kewirausahaan yang akan digelar secara nasional yang hadiahnya akan diberikan berupa modal usaha” jelasnya.

Dari sekian banyak yang akan mengikuti lomba di Seluruh Indonesia maka akan dipilih 100 orang pemenang yang akan mendapatkan total hadiah sebanyak RP 1 Miliar.

Kepala Seksi Pembinaan SMK, Abdul Sattar mengatakan klau kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para siswa yang nantinya bisa menjadi wirausaha yang hebat dan mandiri.

Abdul Sattar juga menyampaikan kalau di Cabang Disdik wilayah V, khususnya di Seksi Pembinaan SMK ada program bagaimana mendorong sekolah untuk melaksanakan kerjasama dengan stakeholder terkait

“Oleh karena itu, adanya penyelarasan program di Cabang Disdik dengan satuan pendidikan SMK kita melakukan launching VEC, yang nantinya disini akan ada kesinambungan antara guru, siswa dan kepala sekolah yang bertujyan untuk melatih siswa berwirausaha sebagai modal pada saat sekolah” ucapnya.

Lewat program ini nantinya para siswa setelah menamatkan pendidikannya tidak lagi menjadi pengangguran akan tetapi mampu berwirausaha dengan bekal yang sudah diberikan.

“Program ini akan menjawab tantangan bahwa SMK mampu mengentaskan pengangguran” tuturnya.

Dia berharap di Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba bisa bersinergi terus dengan PT. GIS yang nantinya bisa memunculkan progran-program lainnya.

“Kami berharap dengan VEC ini mampu melahirkan jiwa wirausaha peserta didik jenjang SMK dan setelah selesai bisa terserap di Dunia Usaha dan Dunia Industri,” harapnya.

Sementara itu Direktur Utama PT. Gemilang Investama Sejahtera, Yasin Wicaksono mengatakan akan menjamin para lulusan sekolah vokasi (SMK) yang telah dibina akan menjadi pelaku usaha.

“Saya akan menjamin para lulusan SMK nantinya akan menjadi pelaku usaha yang mandiri dan cerdas” jelasnya

Dia juga menuturkan kalau program kerjasama ini dilakukan karena adanya kesamaan beberapa visi di perusahaan dengan program yang ada di SMK wilayah V Disdik.

Kesamaan visi yang dimaksud adalah salahsatunya terkait program Inkubator pelatihan kewirausahaan bagi siswa-siswi kelas akhir SMK di Kabupaten Bantaeng. (*).