Suara Bising dan Polusi Udara, Warga Bonto Sunggu Minta Rock Crusher Dipindahkan

Kamis, 18 Februari 2021 | 9:02 WITA
Penulis :

BANTAENG, MELEKNEWS — Rock crusher atau mesin pemecah batu yang beroperasi di Bungung Bambang, Kelurahan Bonto Sunggu, Kecamatan Bissappu, dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, kata warga, suara mesin tersebut sangat mengganggu pada saat beroperasi.

Jamaluddin, salah seorang warga, Kamis (18/2/29/021), mengatakan, keberadaan mesin pengolah batu tersebut sebenarnya mempermudah pengusaha dan membantu karyawan mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen. Hanya saja, kata dia, umumnya warga di sekitar lokasi merasa terganggu karena suara mesin sangat keras.

Kata dia, bukan hanya bunyi mesin yang mengganggu pendengaran, tapi juga berdampak pada kesehatan warga. Bayangkan, lanjut dia, pada saat beroperasi, debu hasil pecahan batu beterbangan sehingga terjadi polusi udara. Cepat atau lambat akan mengganggu sistem pernafasan warga di sekitarnya.

Mendapat keluhan warganya, Lurah Bonto Sunggu, Tompo, menggandeng Ptl Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng, Muh Nasir Awing. Lurah dan Kadis sudah mengecek langsung ke lokasi. “Pak Lurah bersama pak Kadis sudah mengecek kemarin (Rabu, 17/2/2021)”, kata Jamaluddin.

Kepada pemilik lokasi pengolahan batu tersebut, Lurah meminta agar mesin tersebut dipindahkan ke kokasi yang akan jauh dari pemukiman warga.