Dituntut Umpan Balik Kemitraan, Bupati Bantaeng Junjung Independensi Pers

Senin, 15 Februari 2021 | 23:26 WITA
H. Ilham Syah Azikin
H. Ilham Syah Azikin

BANTAENG, MELEKNEWS — Walau peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) telah berlalu, yakni jatuh pada tanggal 9 Februari lalu, namun Pemkab Bantaeng menggelar rangkaian HPN yang dikemas dalam bingkai “bincang santai”.

Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin, menyempatkan diri bertatap muka dengan puluhan insan pers dan berbincang santai dengan beberapa orang diantaranya. Mereka yang hadir adalah wartawan dari berbagai media yang bertugas di Bantaeng, Jeneponto, Bulukumba dan sekitarnya, Senin (15/2/2021), di Pantai Seruni, Bantaeng.

Acara yang dimotori Bidang Humas dan Statistik Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Bantaeng ini, terkesan sebagai ajang curhatan insan pemburu berita. Mereka mengatakan dan menyatakan bermitra dengan Pemkab. Tapi, apa umpan balik dari kemitraan tersebut.

Umumnya, insan pers Butta Toa berharap adanya perhatian Pemkab Bantaeng terhadap kelangsungan hidup wartawan maupun media pers. Meski demikian, wartawan tidak memaksakan kehendak dalam jalinan kemitraan yang sudah berlangsung dan berjalan dengan baik.

Bupati Bantaeng yang pernah menjabat Kepala Bagian Humas Pemkab Maros, menangkap kandungan paparan aktivis media tersebut. Ilham mengingatkan independensi pers sebagai pilar keempat dari bangsa ini. “Saya tidak mau menjanjikan sesuatu. Saya takut terjaring gratifikasi. Saya menjunjung tinggi independensi pers”, ucapnya.

Sebelum bincang singkat antara insan pers dengan Bupati, yakni hanya 30 menit, berlangsung paparan berbagai inovasi dibidang kesehatan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan selama kurang lebih 90 menit.

Bincang santai yang dipandu Asisten III, Asruddin, berakhir dengan menyisakan ungkapan yang menanti kepastian menyangkut harapan balik dari Pemkab Bantaeng kepada aktivis media massa.