Mantan Rektor UVRI Harap Kompak Dukung Program Bupati Bantaeng

Jumat, 12 Februari 2021 | 6:40 WITA
Drs. Baso Amran Amir, M.Si
Drs. Baso Amran Amir, M.Si

MANTAN Rektor Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar, Drs Baso Amran Amir M.Si, mengharapkan agar semua pihak, khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Bantaeng, kompak mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng yang tertuang di dalam visi dan misi membangun Bantaeng (2018 – 2023).

Putra Bantaeng pertama yang menjabat Rektor di UVRI Makassar (2009 – 2013), mengatakan, program Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng, DR H Ilham Syah Azikin dan Drs H Sahabuddin, merupakan program yang pro rakyat. Alasannya, program tersebut menyentuh kebutuhan dasar rakyat, seperti seragam sekolah gratis bagi siswa baru disetiap ajaran baru. Bantuan permodalan dan ketersediaan pupuk.

Khusus untuk asuransi pertanian bagi petani gagal panen, Baso Amran meminta OPD terkait supaya melakukan identifikasi menyeluruh terhadap petani. Tujuannya, kata dia, untuk mengetahui mana petani penggarap, mana petani pemilik lahan, sekaligus dijadikan patokan dalam menentukan siapa yang layak dapat asuransi.

Untuk mencegah terjadinya spekulan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dalam ketersediaan pupuk, khususnya pupuk bersubsidi, Baso Amran meminta kepada distokis (penyalur) dan instansi terkait agar lebih memperketat pengawasan. Tujuannya agar para petani tidak kesulitan mendapatkan pupuk. Menurutnya, Ketersediaan pupuk yang stabil akan berdampak positif pada peningkatan hasil pertanian dan pendapatan petani.

Baso Amran menambahkan, obyek lain yang harus mendapat perhatian Pemkab Bantaeng adalah petani nelayan tangkap dan petani rumput laut yang hidup di wilayah pesisir laut. Taraf kehidupan nelayan pada klaster ini, jauh dari kesejahteraan. Olehnya itu, maka patut disentuh kebijakan yang mengarah kepada peningkatan kualitas hidup serta pendapatannya masyarakat pesisir.