Putra Bantaeng Pertama Jadi Rektor di Kaltim

Rabu, 10 Februari 2021 | 16:03 WITA
DR. H. Syarifuddin Israil, M.Pd
DR. H. Syarifuddin Israil, M.Pd

TERLAHIR dari keluarga sederhana, perjalanan hidup lelaki ini dihiasi suka dan duka. Ketika baru saja duduk di bangku perkuliahan, dia ditinggal pergi sang bunda disaat-saat mendamba kasih sayang dari seorang ibu.

Derita hidup yang dilalui terbilang getir. Lima bersaudara harus diasuh dan dibesarkan sendiri oleh ayahanda tercinta yang berprofesi sebagai guru agama Islam.

Meski derita datang silih berganti, namun lelaki kelahiran Ujung Labbu Kabupaten Bantaeng, 04 Januari 1967 itu, tak membuatnya patah arang. Berbekal tekad membaja, dia menembus kabut kehidupan dalam menyelesaikan jenjang studinya di Fakultas Dakwah IAIN Alauddin Ujung Pandang (Makassar sekarang).

Lelaki tersebut bernama SYARIFUDDIN bin ISRAIL. Selama mengarungi samudra pendidikan di semua jenjang, Syarif (sapaan akrabnya), sudah memperlihatkan raut wajah optimis.

Sebelum melangkah ke perguruan tinggi, Syarif sudah aktif di organisasi ekstra kurikuler sekolah, seperti Palang Merah Indonesia dan Pramuka. Di IAIN, selain aktif sebagai pembina PMI dan Pramuka, dia juga aktif selaku Resimen Mahasiswa.

Penghasilan pas-pasan sang ayah, menempa hidupnya, membentuk kedewasaan dalam berkepribadian dan berkemajuan. Mungkin karena beban hidup ayahanda yang cukup berat, mengilhami Syarif merantau ke negeri orang. Saat meninggalkan kampung halamannya, dia belum melihat ada bintang bersinar di ufuk timur negeri yang dituju. Yang ada dalam benaknya hanyalah matahari bersinar putih terang akan menyinari hidupnya kapan dan dimanapun bumi dipijak.

Menghilangnya Syarif dari Bantaeng ditahun 1990-an, menjadi perbincangan hangat di kalangan teman dan sahabatnya. Pasalnya, dia termasuk aktif mengajar di perguruan Muhammadiyah dan aktif memberikan bimbingan pendidikan ekstra kurikuler di sejumlah tempat.

Rupanya, Syarif bukan tipe orang yang disindir pepatah lama, “Bagai Katak di Bawah Tempurung”. Dia sedikit bicara, tidak banyak bacot, tidak pernah berkoar. Dia tipe pekerja yang penuh tanggungjawab.

Lelaki Ujung Labbu ini dikenal sangat teguh memegang amanah. Setelah melalui proses pemilihan yang sangat ketat disenat, DR. H. Syarifuddin Israil, M.Pd, resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dengan begitu, dia tercatat sebagai Putra Bantaeng pertama yang menjabat Rektor di tanah rantau, Kaltim.

Dihubungi, Rabu (10/2/2021), DR Syarifuddin menyampaikan, bahwa program studi di perguruan tinggi yang dipimpinnya ada delapan pilihan.
Program studi :
1. Teknik sipil
2. Perencanaan wil dan kota.
3. Konservasi biologi
4. Teknik lingkungan (unggulan) bidang konservasi
5. Bisnis digital
6. Managemen
7. Akuntasi
8. Studi pembangunan.

Riwayat Singkat Rektor Universitas Muhammadiyah Berau Kaltim.
Nama Lengkap : Dr. H. Syarifuddin Israil, M.Pd
Tempat/Tanggal Lahir : Ujung Labbu (pangi) Bantaeng, 04 Januari 1967
Riwayat Pendidikan:
– Tamat SDN Nomor 9 lembang 1979
– Tamat SMP Negeri Banyorang 1983
– Tamat SMA Negeri 1 Be’lang Bantaeng Tahun 1985 ( IPA)