Heli Pejabat BPBD Sulsel Mendarat Darurat

Jumat, 29 Januari 2021 | 20:10 WITA
Penulis :

JENEPONTO, MELEKNEWS — Helikopter jenis Sikorsky S-76B melakukan pendaratan darurat di Kampung Borong Tala, Desa Bonto Jai, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jum’at (29/1/2022), pukul 11.00 WITA.

Pesawat udara bersayap putar ini mengangkut lima orang, terdiri dari satu orang pilot, satu teknisi, tiga pejabat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel.

Kepala Seksi Rekonstruksi Peralatan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel, Sulayman Patittingi, heli yang ditumpanginya itu terpaksa mendarat darurat akibat cuaca buruk.

Dikatakannya, dia bersama rekan sejawatnya mendapat tugas memantau kondisi bendungan Kareloe Jeneponto. Heli berangkat dari Bandara Hasanuddin menempuh rute Gowa – Takalar – Jeneponto.

Dalam penerbangan pulang, cuaca buruk menghadang. Pilot berpikir cepat dan memutuskan melakukan pendaratan darurat sambil menunggu cuaca membaik.

Setelah setengah jam parkir, kondisi cuaca membaik dan pilot kembali menerbangkan helikopter ini menuju pangkalan. Selama pendaratan hingga kembali terbang pesawat ini menjadi tontonan warga sekitar.

Menurut saksi mata, sebelum mendarat, heli terbang berputar di atas perkampungan. Warga cemas karena menyangka akan terjadi sesuatu. Pasalnya, tidak ada penyampaian ke warga bahwa akan ada helikopter mendarat di kampung mereka.