Hadiri Uji Fungsi dan Serah Terima IPAL, Bupati Bantaeng: Semoga Masyarakat Bisa Terus Rasakan Manfaatnya

Selasa, 26 Januari 2021 | 8:51 WITA
Penulis :

BANTAENG, MELEK NEWS — Peningkatan derajat sanitasi menjadi bagian upaya kita agar kondisi kesehatan masyarakat bisa menjadi landasan bagi kita guna melakukan aktivitas secara produktif.

Hal tersebut diaplikasikan dalam Uji Fungsi dan Serah Terima Kegiatan Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal dan Septick Individual Kabupaten Bantaeng yang dihadiri langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Malilingi, Kecamatan Bantaeng, Sulawesi Selatan pada Senin (25/1/2021) Siang.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dan Lurah Malilingi, Muhammad Ridwan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, A. Sjafruddin Magau, mengatakan kalau pembangunan sarana dan prasarana dari program ini sudah berlangsung sejak tahun 2010 dan masih terus berlanjut sampai saat ini.

Dia menyampaikan kalau Sudah ada 32 titik yang telah dibangun tersebar dibeberapa desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Bantaeng.

“200 unit jambang individu dan 5 titik Ipal yang telah dibangun tersebut tersebar dibeberapa desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bantaeng” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di 6 Kelurahan dan 2 Desa yang mendapatkan program tersebut, antara lain Kelurahan Malilingi, Karatuang, Pallantikang, Bonto Langkasa, Letta, dan Kelurahan Lembang, sedangkan untuk dua desa tersebut ditempatkan di Desa Lonrong dan Desa Bonto Salluang.

“Untuk Kelurahan Malilingi sendiri, di tahun 2020 telah terealisasi 4 bangunan IPAL, yang mana diharapkan ke depannya dapat semakin bertambah guna akselerasi pembangunan di wilayah tersebut, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat setempat” jelasnya

Sementara itu Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyebutkan kalau kegiatan ini menjadi bagian penting akan perwujudan sarana yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Sesuatu yang kita harap mampu meningkatkan derajat kesehatan yang muaranya adalah terjaminnya kualitas hidup sehingga bisa melakukan upaya-upaya yang produktif.

“Saya harap kegiatan ini tidak hanya berakhir pada tahap seremoni saja, tetapi bagaimana supaya asas manfaat daripada keberadaan sarana ini betul-betul dapat dijaga dan dipelihara”, ujar Bupati.

Tak lupa pula pada kesempatan itu Bupati juga mengingatkan bahwa perubahan cuaca yang cukup ekstrim menjadi sesuatu yang penting untuk kita perhatikan,

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin didampingi sejumlah OPD saat meninjau lokasi Ipal

Untuk itu diharapkan peran semua pihak untuk selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu wapada.

“para Camat dan Lurah jangan berhenti mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah terhadap perubahan cuaca ini”, imbau Bupati.

Selanjutnya Bupati didampingi OPD terkait, melakukan kunjungan kelokasi sarana IPAL komunal yang terletak di Kampung Jagung (SHKM).