Tim Wash PMI TDB Sulbar Datangkan Alat Pengolah Air Bersih

Kamis, 21 Januari 2021 | 16:28 WITA
Penulis :

MAMUJU, Melek News — Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai salah satu sarana perkumpulan relawan kemanusiaan, cepat tanggap dan langsung menindaklanjuti jika terjadi bencana alam atau bencana kemanusiaan lainnya.

Seperti halnya gempa bumi bermagnitudo 5,9 skala richter yang mengguncang Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (14 Januari 2021) kemudian berlanjut keesokan harinya dengan kekuatan yang lebih besar. Gempa tersebut mengakibatkan banyak fisilitas umum dan rumah warga rusak berat.
Sejak itu, PMI bergerak cepat membantu warga memfasilitasi berbagai layanan kemanusiaan yang dibutuhkan. Salah satunya, memfasilitasi ketersediaan air bersih sebagai kebutuhan vital para pengungsi.
Abdul Mannan, relawan PMI asal Bantaeng yang bergabung dengan Tim Nasional, Kamis (21 Januari 2021), mengatakan, keberadaan dia bersama relawan PMI lainnya di Mamuju dan Sulbar, adalah membantu penanganan bencana serta memobilisasi peralatan dan perlengkapan.
Dikemukakan Mannan, dia bergabung ke Tim Wash PMI, yakni tim penanganan air bersih. Dalam hal ini, PMI menurunkan 9 unit mobil tangki yang didatangkan dari gudang regional PMI Makassar.

Abdul Mannan, Relawan PMI asal Bantaeng bergabung dengan Tim Wash PMI di Sulbar

Selain itu, kata Mannan, tim Tanggap Darurat Bencana (TDP) mendatangkan alat pengolahan air bersih dari gudang Wash PMI Jatinangor. Hingga tanggal 20 Januari 2021, sebanyak 85.000 liter air baku sudah didistribusikan ke lokasi bencana.
Menurut Koordinator Tim Wash PMI TDB Gempa Bumi Sulbar, Muhammad Supriadi, tim yang dikoordinir sudah mempersiapkan lahan untuk penempatan alat pengelohan air bersih yang didatangkan dari Jatinangor. “Kalau alat ini sudah berfungsi, maka insya Allah supley air bersih di wilayah kota Mamuju bisa tertangani dengan baik”, katanya.
Dikatakan Supriasi, walau berada di tengah bencana, relawan PMI tetap mematuhi protokol kesehatan dan mewajibkan semua relawan melakukan rapid antigen.