Pemkab Bantaeng Bagikan Perlengkapan Sekolah Gratis Kepada Ribuan Siswa Baru

Kamis, 21 Januari 2021 | 11:52 WITA
Penulis :

BANTAENG, Melek News — Pemerintah Kabupaten Bantaeng, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mendistribusikan perlengkapan sekolah di tiga jenjang pendidikan.

Tiga jenjang pendidikan tersebut yakni, Sekolah Dasar (SD) dan sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat serta Taman Kanak-kanak (TK) dan sederajat.

Pendistribusian perlengkapan sekolah yang berupa, Pakaian seragam, sepatu dan kaos kaki, topi serta tas ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah unsur pemerintah yang mewilayahi sekolah tersebut. Mulai Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades), Babinsa serta Babin Kamtibmas.

Selanjutnya, sekolah penerima manfaat menindaklanjuti dengan cara mengundang orang tua peserta didik ke sekolah atau tempat yang sudah ditentukan.

kepala Sub Bagian (Kasubag) Program dan Perencanaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bantaeng,
Tri Joko Endriyanto, SM menyampaikan kalau tahun ini penerima manfaat perlengkapan sekolah di tiga jenjang pendidikan itu mengalami penambahan atau lebih banyak di bandingkan tahun 2019 lalu.

Menurutnya di tahun 2020 pihaknya melakukan dua kali pendataan itu disebabkan karena ada beberapa sekolah yang mengalami perubahan data atau ada data susulannya.

“Jadi setelah pihak sekolah memasukkan data siswa baru yang sudah terdaftar, mereka merubah kembali karena ada lagi tambahan siswa” tuturnya.

Selain itu biasa juga terjadi data sudah di rampungkan oleh pihak sekolah kemudian dikirim ke pihak PPTK di Dikbud setelah itu baru muncul siswa tambahan.

Padahal menurut dia data yang ada di PPTK tersebut sudah dikirim untuk segera dilakukan pengadaan barang perlengkapan sekolah.

“Jadi biasanya ada yang tidak masuk dalam data kuota yang telah di siapkan karena kami memberikan kuota berdasarkan data yang telah dimasukkan oleh pihak sekolah” jelasnya.

Dia juga memaparkan kalau di tahun ajaran baru 2020 itu, untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan sederajat itu ada 3550 orang siswa penerima manfaat yang terbagi di 170 sekolah yakni , untuk SD149 sekolah
dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) 21 Unit.

Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat itu ada 4100 orang siswa penerima manfaat yang terbagi di 75 Sekolah yakni untuk SMP 42 sekolah dan
Mts 33 sekolah.

Dan untuk jenjang sekolah TK ada 3810 murid penerima manfaat yang dibagi di 154 TK dan sederajat di kabupaten Bantaeng yang periciannya, untuk TK 87 sekolah, KB 61 Unit, TPA 2 Unit dan Raodatul atfal (RA) 4 Unit

Sebelumnya, Kadis Dikbud Bantaeng, Drs H Muhammad Haris M.Pd, mengatakan, seragam sekolah gratis tersebut diberikan kepada murid/siswa baru disetiap tahun ajaran baru.

“Setia tahun ajaran baru Pemkab Bantaeng memberikan kepada para siswa baru perlengkapan sekolah gratis” tuturnya.

Program ini menurut Haris adalah merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng, Ilham Azikin-Hajo Sahabuddin. (Sahar).