Tinjau Peternak Sapi, Bupati Bantaeng Lakukan Inseminasi Buatan

Rabu, 6 Januari 2021 | 22:15 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, melek news – Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin meninjau tempat berkembang biakan hewan ternak sapi di Desa Kaloling, Kecamatan Gantarangkeke, kabupaten Bantaeng pada Rabu (6/1/2021) Pagi.

Didampingi kepala dinas Pertanian dan peternakan kabupaten Bantaeng, Budi Taufik, Ilham Azikin meninjau hewan ternak Sapi yang berkembang biak melalui intensifikasi Inseminasi Buatan (IB) atau lebih dikenal oleh petani peternak dengan istilah kawin suntik.

Inseminasi Buatan ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan populasi ternak sapi, karena proses pembuahan sel telur yang dihasilkan oleh sapi betina saat ovulasi menjadi lebih tepat.

Selain itu juga menjamin mutu genetik yang lebih berkualitas. Melalui modifikasi teknologi ini juga, bisa mempengaruhi apakah yang akan lahir berjenis kelamin jantan atau betina dan bisa juga lahir secara kembar.

Untuk Kabupaten Bantaeng, khususnya di Desa Kaloling di tahun 2020 telah lahir sapi hasil IB sebanyak 1400 ekor dengan persentase keberhasilannya hampir mencapai 100%.

Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai peternak sapi.

Pada kesempatan itu, Bupati juga secara langsung melakukan kegiatan Inseminasi Buatan kepada seekor sapi.