Tiga Hektare Lahan di Labbo Bakal Jadi Kebun Wisata Buah, Bupati Bantaeng Apresiasi Terobosan Dinas Pertanian

Rabu, 30 Desember 2020 | 20:07 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, melek news – Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyerahkan bantuan bibit pohon buah di Dusun Panjang, Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan pada Rabu (30/12/2020)

Sebanyak 200 bibit tanaman buah bakal ditanam di lahan sejuk seluas tiga hektare.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng, Mahyuddin mengatakan kalau ada sebanyak 200 bibit buah yang diserahkan dan akan ditanam diatas lahan seluas tiga Hektare.

200 bibit yang ditanam ini akan dijaga dan dikelola oleh masyarakat setempat. Meski demikian Dinas Pertanian akan tetap memberikan pendampingan hingga lahan tersebut siap untuk dijadikan objek wisata.

“Pengelolaannya juga nanti akan dilakukan oleh masyarakat sekitar. Kita hanya membantu bibit dan melakukan pendampingan,” jelas dia.

Dia menambahkan, bibit-bibit tanaman ini adalah bibit berkualitas. Ada berbagai macam buah, mulai dari Alpukat, lengkeng dan rambutan. “Ada juga buah jeruk dokupan. Ini buah jeruk yang terbaik,” kata dia.

Sementara itu Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memberikan apresiasi kepada dinas pertanian yang terus melakukan terobosan di sektor pertanian.

Ilham berharap, rencana ini akan dapat mendongkrak potensi yang ada di Dusun Panjang yang sejuk ini.

“Terimakasih kepada OPD yang terkait, penyuluh pertanian dan kelompok tani yang ikut melakukan terobosan,” jelas dia.

Dia berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat dan petani di desa itu. Dia juga berharap, petani lainnya agar senantiasa untuk saling berkelompok untuk memudahkan pemerintah memberikan bantuan.

“Saya berharap pula ini menjadi motivasi untuk petani lainnya agar bisa ikut berkelompok. Karena pada dasarnya, bantuan itu hanya bisa diserahkan ke kelompok,” jelas dia.

Salah seorang petani yang tinggal di desa Labbo dan juga sebagai penerima bantuan, Hamsyah menyampaikan kalau dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten dalam hal ini oleh Dinas Pertanian.

Dirinya berjanji akan menjaga dan merawat bantuan bibit tersebut hingga bisa bermanfaat bagi masyarakat nantinya.

” Saya akan merawat bibit tersebut hingga besar dan berbuah yang nantinya masyarakat bisa merasakan buahnya” tuturnya.

Sekedar diketahui, Dusun Panjang adalah salah satu daerah ketinggian di Bantaeng. Sebagian besar warga di sini mengandalkan hasil perkebunan kopi dan yang terbaru adalah Porang.

Selain memberikan bantuan bibit dan pupuk, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin juga memberikan bantuan alat mesin pertanian.(Agun)