Masa Pandemi, Wagub Sulsel Sampaikan Bidan dan Dokter Wajib Dampingi Ibu Hamil

Sabtu, 19 Desember 2020 | 10:30 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

MAKASSAR, melek news – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meminta kepada Dinas Kesehatan beserta jajarannya untuk memberikan pendampingan kepada ibu hamil yang akan melahirkan.

Selain memberikan pendampingan Wagub juga meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan tes swab atau tes rapid antigen kepada ibu hamil yang akan memasuki masa persalinan.

“Kami telah sampaikan kepada Dinas Kesehatan untuk menginstruksikan kepada seluruh tenaga kesehatan seperti bidan Desa, Dokter Ahli Kandungan, pihak Puskesmas dan RS daerah agar pasien Ibu Hamil mendapat pendampingan khusus H-14 persalinan,” pintanya, Jum’at (18/12/2020

Kondisi pandemi Covid-19 ini mengharuskan masyarakat untuk mengikuti kebiasaan baru. Salah satunya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Tidak sedikit pula berdampak dengan aturan ataupun prosedur yang selama ini dijalani. Seperti dalam hal pelayanan kesehatan, utamanya pada pelayanan bagi ibu hamil.

“Setelah dilakukan tes swab atau rapid test antigen kemudian ibu hamil ini harus isolasi mandiri selama 14 hari sebelum hari H persalinan,” ungkapnya.

Para tenaga medis, kata dia, yang bertugas dalam melakukan pendampingan kepada ibu hamil ini perlu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Bidan dan Dokter wajib dampingi ibu hamil, dengan menyesuaikan SOP,” katanya.

Wagub Andi Sudirman pun menghimbau agar Dinas Kesehatan memberikan edukasi terkait sistem dan alur rujukan emergency Provinsi dan Daerah kepada para ibu hamil dan pihak keluarga.

“Para tenaga ahli dan Kadis Kesehatan serta semua struktur pelayanan di bidang kesehatan dan RS agar pahami dan terus lakukan upaya edukasi serta sosialisasi terkait persiapan persalinan ini,” tuturnya.

“Kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ibu hamil harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik,” pungkasnya.(SHKM)