Pasca Bupati Terkonfirmasi, 11 ASN di Bantaeng Dinyatakan Positif Corona

Selasa, 8 Desember 2020 | 10:36 WITA
Penulis :

BANTAENG, melek news – Pasca Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19, sejumlah pejabat dalam ruang lingkup pemerintah kabupaten Bantaeng juga dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan kabupaten Bantaeng, dr Armansyah, dia menyampaikan kalau ada 11 orang yang kontac erat dengan Bupati Bantaeng yang dinyatakan Positif Covid-19

“Jadi ada 11 orang yang kontac erat dengan pak Ilham Azikin yang telah dinyatakan positif Covid-19” ucapnya Senin (7/12/2020).

Menurutnya dari 11 orang ini 7 diantaranya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 5 diantara mereka adalah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau kepala Dinas.

“Ada 7 orang diantara mereka itu adalah ASN dan 5 diantaranya adalah kepala Dinas dalam ruang lingkup pemerintah Kabupaten Bantaeng” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan kalau pertanggal 4 Desember 2020 itu ada sebanyak 13 orang yang telah dinyatakan positif covid-19 dan 11 orang itu adalah yang memiliki kontac erat dengan Bupati Bantaeng.

“Total yang dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19 pertanggal 4 desember 2020 itu ada 13 orang termasuk yang 11 orang tersebut” tuturnya.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil tes swab PCR yang dilakukan di Rumah Sakit Wahidin Makassar.

Mereka melakukan tes swab pasca Bupati Bantaeng Ilham Azikin dinyatakan positif.

Menurutnya Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng juga sedang menyelidiki sumber penularan yang menyebabkan Bupati Bantaeng terkonfirmasi positif covid-19.

“Untuk penularan Covid-19 dari mana saat ini sementara dilakukan penyelidikan epidemiologi,” katanya

 

Sebelumnya Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, Hartawan Zainuddin mengungkapkan kalau Ada sebanyak 45 orang ASN termasuk para pejabat yang pernah melakukan kontac erat dengan Bupati Bantaeng selama kurung waktu 14 hari kebelakang menjalani tes Rapid dan Swab pada Kamis 3 Desember 2020 .

Dari sekian banyak orang ini ada juga beberapa pejabat yang memiliki riwayat bepergian ke luar kota.

“Ada beberapa pejabat yang memiliki riwayat bepergian keluar kota dan rentan tertular” paparnya.

Saat ini 13 orang yang dinyatakan positif terpapar Covid -19 menjalani isolasi di Makassar selama 10 hari.

Diketahui dari 13 pejabat tersebut ada dua orang yang mengumumkan dirinya positif Covid -19 di sosial media

Mereka adalah Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Bantaeng, Syahrul Bayang dan Kadis Sosial Syamsir.

Diberitakan sebelumnya Bupati Bantaeng, Sulawesi Selatan, Ilham Azikin terkonfirmasi positif Covid-19, melalui hasil pemeriksaan RT-PCR pada Rabu (2 /12/ 2020) malam.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantaeng dr Andi Ihsan mengatakan, Ilham mengalami gejala ringan.

“Demam, batuk, indra penciuman dan pengecapan mulai terganggu,” kata Ihsan , Kamis (3/12/2020) lalu.

Meski menunjukkan gejala, Ilham tidak menjalani perawatan di rumah sakit. Bupati Bantaeng itu memilih untuk mengisolasi diri secara mandiri.

Dirinya juga meminta agar semua orang yang merasa pernah kontak erat dengan Ilham dalam 14 hari terakhir untuk melakukan pemeriksaan.

“Beliau menjalankan isolasi mandiri dan berpesan kepada seluruh warga yang kontak erat dengannya dalam rentang waktu 14 hari ke belakang untuk segera melakukan testing sebagai upaya tracing contact dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Bantaeng,” tuturnya. (Sahar).