Pekan Aspirasi Masyarakat Desa dalam Program Pelembagaan Akuntabilitas Sosial, Dilaksanakan Ditiga Desa di Bantaeng

Rabu, 16 September 2020 | 14:06 WITA
Penulis :

BANTAENG, melek news – Mewujudkan pemerintahan Desa yang transparan dan pertisipatif di kabupaten Bantaeng, Yasmib Sulawesi bekerjasama dengan Seknas Fitra dan Kompak melaksanakan pekan aspirasi dan aduan masyarakat Desa dalam Program Pelembagaan akuntabilitas sosial

Kegiatan yang digelar selama lima hari dari tanggal 10-15 September 2020 ini dilaksanakan didua Kecamatan Yakni Desa Borong Loe, Desa Papan Loe yang terletak di Kecamatan Pa’jukukang dan Desa Bonto Cinde yang ada di Kecamatan Bissappu, kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengarahkan akan terbentuknya posko Pengaduan dan Serap Aspirasi di Desa, selain itu juga untuk menggali dan terlibat Langsung dalam Serap Aspirasi masyarakat yang ada di Desa.


Untuk output kegiatan ini sendiri nantinya dapat mengidentifikasi aduan dan aspirasi sebanyak-banyaknya serta Membuat daftar kuantitatif Aspirasi Aduan Masyarakat di Desa yang dimana masyarakat nantinya dapat mengakses aduan.

Salahsatu anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Borong Loe, Kecamatan Pa’jukukang, Rahman mengatakan Bahwa Kegiatan Pekan Aspirasi ini sangat membantu pihaknya dalam melaksanakan Fungsi dan Tugasnya.

“Kegiatan ini sangatlah membantu kami dalam menjalankan tupoksi kami sebagai BPD” ucapnya,

Tokoh inspirasi Perempuan Borong Loe, Andi Bubgawati menyampaikan kalau Kegiatan seperti ini harusnya selalu dilakukan untuk mengetahui langsung apa yang menjadi masalah masyarakat desa sehingga dapat direkomendasikan untuk dikawal dalam musrenbang Desa

“seharusnya kegiatan seperti ini seringkali dilakukan untuk menyerap aspirasi dimasyarakat yang nantinya bisa dikawal sampai ke Musrembang Desa” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Papan Loe, kamaruddin mengatakan kalau pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan seperti ini

“Kegiatan pekan aspirasi ini sangatlah bermanfaat dalam penggalian aspirasi dan aduan ke tingkat masyarakat Desa” ungkapnya .

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Bonto Cinde, Saripuddin menyampaikan kalau pihaknya sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terutama dalam menggali aspirasi masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini maka Kami selaku pemerintah dapat mengetahui keluhannya masyarakat dan mengakomodir yang nantinya dapat melaksanakan kegiatan tersebut” jelasnya.

ketua BPD Bonto Cinde, Hj Sitti Hamsiah menyampaikan kalau kegiatan pekan aspirasi ini sangatlah penting dilaksanakan agar pemerintahan desa dapat melaksanakan dan menindak lanjuti usulan kegiatan masyarakat dalam pekan aspirasi.

Untuk Pembentukan pengurus posko aspirasi di tiga Desa tersebut di fasilitasi langsung oleh BPD masing-masing

Untuk siklus aspirasi yang diangkat dalam penyaluran aspirasi tersebut ada beberapa jenis seperti Bidang Kesehatan, Pendidikan, Layanan Kependudukan, Pembangunan infrastruktur, Sosial kemasyarakatan, Ekonomi aspirasi Penyandang disabilitas, Perempuan, Lansia dan anak.

Kegiatan pekan aspirasi yang dilaksanakan oleh Yasmib Sulawesi kerjasama dengan Seknas Fitra dan Kompak ini dapat memberikan dampak positif dalam proses pembangunan Desa yang dapat mewujudkan pemerintahan desa yang transparan dan partisipatif.