Kolaborasi Tiga Lembaga Lakukan Pelatihan Fasilitator Sekar Desa di Bantaeng

Rabu, 19 Agustus 2020 | 14:53 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, melek news -Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi bekerjasama dengan Kompak dan Seknas Fitra melaksanakan pelatihan Fasilitator Sekolah Anggaran (Sekar) Desa yang gelar di Gedung kantor kecamatan Pa’jukukan kabupaten Bantaeng pada Kamis (13/8/2020).

Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni Kamis dan Jum’at 13-14/8/2020 lni di ikuti oleh tiga kecamatan yakni kecamatan Pa’jukukang, Bissappu dan kecamatan Sinoa.


Pelatihan Sekar desa Ini dilaksanakan dalam rangka program Pelembagaan Akuntabilitas Sosial untuk mewujudkan Pemerintahan Desa Yang Transparan dan Partisipatif.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemerintahan Desa, PP dan PPA, Harmoni mengatakan kalau kegiatan pelatihan fasilitator yang melibatkan Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) adalah langkah yang tepat dalam memfungsikannya ditingkat kecamatan.

“Ini adalah langkah tepat dalam memfungsikan PTPD ditingkat kecamatan dengan melibatkannya dalam pelatihan fasilitator ini” ucapnya.

Menurutnya dengan melibatkan PTPD ditingkat kecamatan maka akan terbangun koordinasi yang baik antara pemerintah Desa dan kecamatan yang nantinya peran masing-masing bisa berjalan dengan baik.

Dirinya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Yasmib Sulawesi dan Kompak serta Seknas Fitra atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini” tuturnya


Dengan adanya kegiatan ini kata, Harmoni maka pihak Dinas PMD, PP dan PPA merasa sangat terbantu dengan adanya pelibatannya dalam kegiatan ini

“Saat ini sebagai langkah awal masih dilakukan ditiga kecamatan dan mudah-mudahan kedepannya bisa dilanjutkan dokecamatan yang lainnya” jelasnya

Dirinya sangat berharap kedepannya pihak pelaksana dapat melanjutkan kegiatan pelatihan fasilitator Sekar desa ini di Lima kecamatan lagi yang ada di kabupaten Bantaeng

Sedangkan kegiatan pelatihan ini sendiri dilakukan agar nantinya para Peserta mampu menguasai teknik mempasilitasi yang sesuai dengan modul Sekolah Anggaran (Sekar) Desa.


Selain itu juga nantinya mereka mampu melahirkan tenaga fasilitator Sekolah Anggaran (Sekar) Desa sesuai dengan Modul Sekar Desa di Kabupaten Bantaeng.

Direktur Yasmib Sulawesi, Rosniaty Azis terlibat langsung untuk melihat pontensi yang dimiliki oleh fasilitator yang terlatih dalam mengawal modul Sekar Desa yang nantinya akan menjadi replikasi beberapa Desa yang ada di kabupaten Bantaeng.


Kegiatan pelatihan Fasilitator Sekar Desa ini ditutup langsung oleh Sekjen Seknas Fitra, Mas Misbah Hasan bersama perwakilan dari Kompak, Sarwan dalam via ZOOM

Kegiatan pelatihan fasilitator dalam materi Sekar Desa ini bertindak sebagai
Narasumber adalah Plt Dinas PMD, PP dan PPA, Harmoni, TA P3MD, Irfan fasilitator, Dirwktur Yasmib Sulawesi, Rosniaty Azis