Masa Pandemi, PLUT Bantaeng Sarangkan UKM Gunakan Jasa Online

Senin, 27 Juli 2020 | 2:10 WITA
Penulis :

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BANTAENG, melek news – Masa Pandemi ternyata sangat berdampak pada pelaku Usaha yang ada diKabupaten Bantaeng.

Dampak tersebut juga dirasakan oleh Usaha Kecil Menengah(UKM), terutama ketika berbicara persoalan pemasaran produk.

Menurut Kepala UPTD Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan perdagangan (KUMDAG) Bantaeng, Saparuddin, kalau ada sekitar 100 UKM yang ada dalam pendampingannya yang merasakan dampak dari penyebaran virus Corona.

Pelaku UKM yang kebanyakan memproduksi olahan pangan terdampak akibat adanya pembatasan sosial, Selain itu harga bahan baku yang melambung tinggi

“Mereka sangat kesulitan karena harga bahan baku sangat tinggi. Kenaikannya mencapai 50 persen” ucapnya, Senin (27/7/2020).

Dia menyampaikan kalau penjualan bahan baku, seperti jahe yang biasanya mereka beli dengan harga RP 28 ribu sampai RP 40 ribu per kilonya, namun semasa Pandemi mereka beli kisaran RP 100 ribu perkilo.

“Untuk mengatasi harga yang melambung tinggi itu, maka kami mendorong para pelaku UKM untuk lebih memanfaatkan teknologi dalam hal pemasaran” tuturnya

Menurutnya saat ini para pelaku UKM dianjurkan untuk menggunakan media sosial atau jasa online termasuk juga menggunakan jasa kurir OTW dalam pemasarannya. (Agun)