Lakukan Interaksi Dengan Pasien Positif Corona, 21 Tenaga Medis di Bantaeng Jalani Isolasi dan Swab

Sabtu, 4 Juli 2020 | 2:06 WITA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Bantaeng, MELEKNEWS – Pasca dinyatakannya tiga pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anwar Makkatutu Bantaeng positif Corona puluhan tenaga kesehatan saat ini sedang menjalani Isolasi.

Sebanyak 21 Tenaga kesehatan yang menjalani Isolasi ini diketahui telah melakukan interaksi dengan tiga pasien yang dinyatakan positif Corona ini saat masih dirawat di RSUD Anwar Makkatutu


Kepala bidang pelayanan medik, dr. Hikmawaty mengatakan, setelah pihak RSUD mengetahui bahwa ketiga pasien tersebut dinyatakan positif berdasarkan hasil Swabnya maka pihaknya langsung melakukan Trackin contact dengan sejumlah tenaga medis yang merawatnya.

“Petugas yang sempat melakukan kontak dengan pasien yang positif Corona tersebut langsung di tindak lanjuti dengan isolasi lalu dilakukan swab. Jadi dipastikan mereka tidak akan melakukan pelayanan kepada pasien sampai ada hasil swabnya,” kata dr Hikmah saat dihubungi, Rabu (1/7/2020)

Menurutnya di RSUD Bantaeng sudah memiliki ruang isolasi yang sudah sesuai dengan protap, jadi 21 tenaga medis tersebut di isolasi disana.

Dia menjelaskan, sebelumnya, tiga pasien yang berasal dari Bulukumba, Gowa dan Makassar datang ke RSUD Bantaeng dalam rentang waktu yang tidak berjauhan. Mereka masuk lewat UGD RSUD Bantaeng. Saat itu pula, protokol Covid juga diterapkan seperti rapid test, foto thorax hingga CT Scan.

“Mereka masuk lewat UGD artinya ada hal emergency sehingga mereka datang ke RSUD. Pasien inisial M masuk pada 23 Juni, pasien F masuk 24 Juni dan pasien B masuk pada 26 Juni 2020,” kata dia.

Pasien dari Gowa datang ke Bantaeng karena membesuk keluarganya, begitu pula dengan pasien yang datang dari Kabupaten Bulukumba. Mereka berkunjung ke Bantaeng untuk mendatangi keluarganya. Sementara yang dari Makassar diketahui bertugas di Polda Sulsel, ke Bantaeng karena mengunjungi istrinya yang berdomisili di sini.

Sementara itu Direktur RSUD Bantaeng, dr Sultan menjelaskan ketiga pasien itu dinyatakan positif setelah melewati serangkaian pemeriksaan. Ketiganya merupakan pasien yang berdomisili di luar Kabupaten Bantaeng. Dari ketiga pasien tersebut, satu di antaranya dirujuk ke RS Bhayangkara dan dua lainnya masih dalam proses sisrute.

“Iya betul, hasil Swabnya (positif Corona) kami dikabarkan pagi jam 06.00 Wita dari tempat pemeriksaan swab di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar” tuturnya

Sesuai instruksi gugus tugas Provinsi untuk semua yang terkonfirmasi positif sebaiknya di rawat di RS Rujukan. Jadi kami dari RSUD Bantaeng telah melakukan rujukan satu pasien ke RS Bayangkara dan dua lagi on proses rujukannya ke RS Daya yang menjawab Sisrute kami.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan dia menuturkan, ketiganya dinyatakan positif setelah terakhir melakukan pemeriksaan RT-PCR Covid-19 di RSUD Bantaeng. Dia menjelaskan ketiga pasien positif ini masing berdomisili di Kabupaten Gowa, Kabupaten Bulukumba dan Kota Makassar.

Ketiga Pasien tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD Bantaeng sebelum terkonfirmasi, namun seiring datangnya hasil Pemeriksaan swab RT-PCR, maka seluruhnya akan dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 di Makassar.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bantaeng ini menegaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan tracing contact kepada seluruh orang yang telah kontak erat dengan pasien tersebut.

“Selanjutnya seluruh pasien akan menjalani perawatan di RS Rujukan Covid-19 di Makassar dan saat ini sedang dilakukan tracing contact kepada seluruh kontak erat pasien ini selama di Bantaeng. Selanjutnya akan kami infokan hasil tracing kontaknya,” jelasnya.