Puncak Perayaan HKN, Bantaeng Sukses Dalam Pelayanan Sejuta Akseptor

Senin, 29 Juni 2020 | 12:59 WITA

Bantaeng, MELEKNEES – Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menghadiri Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (HKN) yang ke ke-27 yang dilaksanakan di media Center Tim Gugis Tugas Covid-19 pada Senin (29/6/2020).

Puncak perayaan HKN ini diwarnai dengan pelayanan KB secara serentak dalam satu hari “Sejuta Akseptor” di seluruh wilayah Indonesia.

Pelayanan KB ini juga dilaksanakan diKabupaten Bantaeng dalam momentum HKN yang diperingati setiap tanggal 29 Juni ini


Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Drs. Abdi Sam, M.Si. mengatakan kalau dari 780 target akseptor yang diberikan sampai saat ini pihaknya telah melampaui dari target yang diberikan

“sampai siang hari telah terlayani 2.336 akseptor atau hampir 300%, ini menandakan bahwa kami telah melampaui target yang diberikan” ucapnya Senin (29/6/2020)

Andi Syam merincikan target yang diberikan yang dimana, untuk IUD tercapai 1 dari 3 target. Untuk metode Implan dari target 66 telah tercapai 363 akseptor. Suntik telah tercapai 430 dari 181 target akseptor. Untuk Pil telah tercapai 1.488 dari 777 target akseptor dan untuk Kondom tercapai 54 dari 30 target.

“Semua jenis alat dan obat kontrasepsi melampaui target kecuali IUD“ jelaanya

Dalam pelayanan hari ini, jenis pelayanan yang terlayani adalah Peserta KB Baru, Ganti Cara, Ulangan dan KB Pasca Persalinan.

Khusus untuk KB Pasca Persalinan akan mendapatkan sertifikat langsung dari Kepala BKKBN Pusat. Selain pelayanan KB di Fasyankes.

Dirinya juga menjelaskan kalau ada 51 Penyuluh KB/PLKB dan 147 orang Kader IMP yang ikut memberikan pelayanan ulangan Pil dan Kondom

“Sesuai dengan panduan pelayanan KB dimasa Pandemi maka para tenaga penyuluh KB dan kader IM mengantar langsung Pil ke rumah akseptor” tuturnya.

Sementara itu Bupati Bantaeng, Ilham AzIkin menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak akan terselenggaranya kegiatan HKN ternasuk capaian yang luar biasa yang telah dilakukannya.

” Ini pencapaian yang luar biasa dalam keikutsertaan Bantaeng memeriahkan momentum Hari Keluarga Nasional tahun ini”

Dirinya berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Bantaeng dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Andi Ihsan, M.Kes mengatakan kalau keberhasilan yang dicapai ini merupakan bukti bahwa kerjasama dan kemitraan lintas sektor telah berjalan dengan baik.

“Kerjasama Lintassektor ini dapat dilihat dengan adanya ratusan bidan yang tersebar di Rumah Sakit, 13 Puskesmas serta 2 Klinik dan puluhan FKTP yang ikut serta dalam membantu terlaksananya seluruh pelayanan KB diKabupaten Bantaeng” jelasnya

Dr. Andi Iksan juga memastika kalau kegiatan ini tetap akan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Sekedar diketahui bahwa puncak acara HKN ke-27 rencanany akan digelar di Sumatera Barat tapi karena situasi Pandeki yang tak kunjung selesai maka perayaannya dibatalkan

Karena situasi Civid-19 inilah maka BKKBN Pusat mengumumkan kegiatan HKN ini dilaksanakan di masing-masing daerah dengan agenda utama Pemecahan Rekor MURI Pelayanan KB Secara Serentak dengan sejuta Akseptor di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesertaan ber-KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang di Kabupaten Bantaeng mengingat untuk angka MKJP masih dibawah 10 persen dari total CPR.

Demikian pula dengan kesadaran masyarakat untuk ikut ber-KB semakin meningkat dengan merencanakan kehidupan berkeluarga yang lebih baik, Yang pada akhirnya ikut meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan seluruh masyarakat. (Agun)