Puluhan Ribu Warga di Bantaeng Akan Menikmati Listrik Gratis, ini Mereka

Kamis, 9 April 2020 | 1:59 WITA

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

MelekNews, Bantaeng  – Rencana Presiden Joko Widodo dalam mengambil kebijakan membebaskan listrik gratis saat ini sudah mulai diterapkan oleh PT PLN (Persero) di kabupaten Bantaeng.

Hal ini disampaikan oleh Manajer PT PLN (Persero) ULP Bantaeng, Rhamdani Wibisono yang mengatakan kalau ada 24 ribu warga di Kabupaten Bantaeng kini bisa menikmati kebijakan listrik gratis

Dia menjelaskan kalau jumlah tersebut terdiri dari konsumen 450 VA sebanyak 12.119 orang, sedangkan 900 VA subsidi sebanyak 12.596 orang pelanggan.

Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah virus Corona atau Covid-19.

Menurutnya mereka yang berhak untuk mendapatkan pembebasan biaya pembayaran listrik ini adalah mereka yang masuk dalam subsidi dan berlaku selama bulan April sampai Juni 2020.

Untuk pelanggang yang bersubsidi 450 vA maka mereka tak perlu lagi kekantor karena sudah otomatis terdaftar lunas

“Sehingga pelanggan tak perlu lagi melakukan pembayaran,” kata Rhamdhani Wibisono, Selasa, 7 April 2020 dalam pesan WhatsApp.

Sedangkan konsumen listrik daya 900 VA, lanjut Rhamdhani, hanya dilakukan pemotongan tagihan sebesar 50 persen terhitung dari pemakaian tertinggi tiga bulan terakhir (Desember 2019 sampai Februari 2020)

Setidaknya terdata 12.596 jiwa di Bantaeng, Sulawesi Selatan sebagai konsumen PLN daya 900 VA bersubsidi. Bagi pelanggan pascabayar secara otomatis pembayaran terpotong sebesar 50 persen.

“Dihitung dari pemakaian tertinggi periode Desember 2019 sampai Februari 2020. Sehingga ketika pelanggan akan membayar, tagihan listriknya akan terbit dengan nilai yang sudah didiskon,” tutur dia.

Begitu pula dengan pelanggan prabayar. Rhamdhani menyebut, setiap bulan selama periode April, Mei dan Juni, token akan diberikan secara gratis dengan jumlah KWH senilai pemakaian bulanan tertinggi.

“Sama halnya dengan pelanggan prabayar 900 VA yang bersubsidi, akan diberikan token secara gratis dengan jumlah KWH sebesar 50 persen dari pemakaian tertinggi,” sebut dia.

Kebijakan listrik gratis ini sudah bisa diakses. Baik melalui website resmi PLN ataupun melalui nomor WhatsApp.

“Kalau WhatsApp di nomer 08122123123. Kemudian memulai perbincangan dengan keyword Listrik Gratis. Setelah itu masukkan ID pelanggan atau nomer meteran sesuai dengan petunjuk. Setelah itu akan mendapat token gratis,” ujar Ramdhani Wibisono.