Bulan Vitamin ‘A’ Dinkes Bantaeng Akan Pastikan Pemberian Suplemen Ibu Hamil

Rabu, 26 Februari 2020 | 5:09 WITA

MelekNews.Id, Bantaeng – Februari dan Agustus adalah bulan Vitamin A. Hanya saja masih banyak yang belum mengetahui itu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantaeng ingin memastikan pemberian suplemen ini merata bagi ibu hamil dan anak-anak di daerah yang bertajuk Bumi Butta Toa ini.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Sitti Nurhajera mengatakan, kedua bulan tersebut dilakukan pemberian suplemen kapsul vitamin A. Terdapat pula dua jenis kapsul vitamin A, yakni berwarna biru untuk bayi berusia 6 sampai 11 bulan.

Sedangkan kapsul vitamin A warna merah diberikan pada ibu hamil dan balita usia 12 sampai 60 bulan. Menurutnya pemberian vitamin A ini sangat penting karena memiliki banyak manfaat.

“Kandungan Vitamin A membantu pembentukan, produksi, pertumbuhan sel darah merah serta pembentukan Antibodi dalam tubuh. Adapun manfaat bagi ibu hamil, dapat mencegah anemia, kebutaan, kerusakan kornea dan rabun senja,” jelas Hajera, sapaan karibnya kepada, Selasa, 25 Februari 2020.

Sementara bagi bayi dan anak balita, kata Hajera, selain mencegah terjadinya gangguan dan kelainan pada mata anak, juga mencegah terjadinya penyakit infeksi pernapasan atas (ISPA), campak, dan diare.

Bagi yang ingin mendapat vitamin A ini secara gratis, warga bisa ke Puskesmas, Pustu ataupun Poskedes. Pemberian vitamin A tersebut, dilakukan setiap enam bulan, yaitu Februari dan Agustus. )SHKM)