Datangi Lokasi Banjir, Bupati Minta Warga Tak Buang Sampah ke Sungai

Rabu, 29 Januari 2020 | 0:40 WITA

Bantaeng – Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memantau langsung lokasi banjir yang terletak di kampung kayangan, Kelurahan Bonto Rita, Kecamatan Bantaeng, pada Senin, (27/1/2020) lalu.

Kunjungan Bupati Bantaeng ini guna mengecek langsung apa penyebab sehingga seringnya terjadi banjir di wilayah tersebut.


.

Bupati bergelar doktor pemerintahan ini melakukan kunjungan bersama dengan sejumlah pimpinan perangkat daerah. Beberapa di antaranya adalah Kepala Bapedalda, Abdullah Taibe, Kepala Dinas PU, Andi Syafruddin Magau dan Kadisnaker, Andi Irvandi Langgara.

Ilham Azikin mendapati tumpukan sampah yang menyumbat saluran irigasi pertanian dan buangan dari Cekdam Balangsikuyu. Tumpukan sampah ini terdiri dari sampah plastik dan tumpukan batang kayu. Dia langsung mengarahkan kepada petugas Bapedalda untuk memotong tumpukan kayu itu dengan alat mesin pemotong.

Ilham Azikin juga menyapa sejumlah warga Garegea dan Kayangan di kelurahan itu. dan mendengarkan langsung keluhan warga terkait penyebab banjir itu.

Alumni STPDN (sekarang IPDN) ini mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Sampahnya jangan dibuang ke sungai. Kalau hujan, pasti tersumbat, dan banjir,” pintanya.

Tidak hanya memantau kawasan Garegea, dirinya juga melakukan kunjungan di pasar Sentral Bantaeng. yang juga sempat terkena dampak dari banjir itu. Dia meminta kepada sejumlah pedagang di sekitar pasar untuk tidak membuang sampah ke drainase.

“Kemudian, kalau hujan mulai deras, coba buka penutup drainase, supaya air langsung terserap,” jelas dia.

Kepala Bapedalda Bantaeng, Abdullah Taibe juga mengajak kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sampah-sampah itu, kata dia, berpotensi menjadi tumpukan dan penyebab banjir