Lurah Akui Warga Banyorang Hebat

Kamis, 8 Juni 2023 | 9:09 WITA
Penulis :

BANTAENG, MELEKNEWS — Lurah Banyorang Kecamatan Tompobulu, Abdul Mannan, Kamis (8/6), mengakui kehebatan warga kelurahannya. “Warga Banyoranglah yang hebat”, ujarnya.

Hal tersebut diungkapkan terkait perintisan jalan kelurahan dengan volume panjang 1.700, lebar 4 meter. Jalan tersebut melingkar di sebelah barat ibukota kelurahan menembus perkebunan cengkeh, coklat, durian milik warga.

Lurah mengatakan, perintisan jalan ini terwujud atas swadaya masyarakat yang secara sukarela menyerahkan lahan miliknya. “Murni swadaya masyarakat. Mereka menyerahkan lahan perkebunannya secara sukarela tanpa minta ganti rugi”, katanya.

Dikemukakan Lurah, ide perintisan jalan ini bermula dari rapat koordinasi (rakor) tingkat RT dan RW yang dilaksanakan setiap bulan secara bergilir di setiap RT/RW. “Dari rakor ini tercipta suasana kekeluargaan antara perangkat kelurahan dengan warga”, paparnya.

Dijelaskan Mannan, awalnya, jalan tersebut dirintis untuk memudahkan akses ke TPU (Tempat Pemakaman Umum) yang sudah puluhan tahun terbengkalai. Warga tidak tertarik menguburkan keluarganya yang meninggal dunia karena jaraknya cukup jauh dari pemukiman.

Selain itu, pengusung jenazah kesulitan karena terhalang tangkai dan ranting pohon. Belum lagi jika musim hujan, lahan yang dilalui cukup licin.

Setelah akses jalan ke TPU dirintis, warga menginginkan agar jalan tersebut melingkar dari dan kembali ke perkampungan.

“Semula hanya direncanakan pembukaan akses jalan ke pekuburan umum. Tapi beberapa warga yang lahannya berada sesudah area pekuburan menginginkan agar volume panjang jalan ditambah”, jelas Lurah.

Menurut Mannan, perintisan jalan dengan mengorbankan puluhan tanaman cengkeh dan coklat milik warga, sangat diapresiasi Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin. “Sudah dua kali Bapak Bupati ke lokasi ini. Beliau mengapresiasi dan mendatangkan alat berat untuk mempermudah pekerjaan ini”, ucapnya.

Ditambahkan Lurah, tenaga kerja dalam perintisan jalan ini adalah warga Banyorang dan perangkat kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Tenaga kerja tidak ada yang dibayar. Mereka adalah warga, perangkat kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Untuk itu, saya atas nama pemerintah Kelurahan, mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya”, pungkasnya.